Diposting Minggu, 13 Maret 2011 jam 4:45 pm oleh Evy Siscawati

Laut Hitam Tidak Pernah Roboh

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Minggu, 13 Maret 2011 -


Menurut hipotesis banjir Nuh, Laut Hitam adalah danau air tawar yang terpisah dari Laut Tengah lewat daratan sempit yang sekarang putus dan menjadi Selat Bosporus. Ryan dan Pittman berpendapat bahwa Laut Tengah memutus jalan darat tersebut menuju ke Laut Tengah lewat peristiwa mendadak dengan kekuatan 200 kali air terjun Niagara. Banjir raksasa air asin segera membunuh moluska air tawar di Laut Tengah. Akibatnya inilah yang menyebabkan adanya sisa-sisa fosil yang berasal dari 7.500 tahun lalu.

Pengujian atas hipotesis ini kemudian dilakukan oleh tim peneliti internasional yang dipimpin oleh Jun Abrajano, profesor ilmu bumi dan lingkungan dari Rensselaer tahun 2002. Tim Abrajano memeriksa endapan dari Laut Marmara, yang berada di samping Laut Merah dan terbuka ke Laut Tengah. Tim ini menemukan lumpur kaya yang disebut sapropel di Marmara. Lumpur ini merupakan bukti kalau telah ada interaksi berkelanjutan antara Laut Tengah dan Laut Hitam selama setidaknya 10 ribu tahun. Abrajano juga mengutip bukti kenaikan permukaan laut bertahap di Laut Hitam yang mulai terjadi 10 ribu tahun lalu dan terus terjadi selama 2 ribu tahun.

“Agar hipotesis banjir Nuh benar, kita harus berspekulasi bahwa tidak ada aliran air antara Laut Hitam dan Laut Marmara sebelum peristiwa banjir besar yang dispekulasikan,” kata Abrajano. “Kami menemukan kalau hipotesis ini salah.”

Jembatan darat yang dihipotesiskan Ryan

Referensi

  1. Aksu, A.E., Hiscott, R.N., Mudie, P.J., Rochon, A., Kaminski, M.A., Abrajano, T. and Yasar, D., Persistent Holocene outflow from Black Sea to the Eastern Mediterranean contradicts Noah’s Flood Hypothesis, GSA Today 12 (5):4–10, 2002.
  2. Ryan, W.B.F., Pitman, W.C., Major, C.O., Shimkus, K., Moskalenko, V., Jones, G.A., Dimitrov, P., Gorur, N., Sakinc, M. and Yuce, H., An abrupt drowning of the Black Sea Shelf, Marine Geology 138 (1–2):119–126, 1997.
Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.