Diposting Selasa, 8 Maret 2011 jam 5:41 am oleh Evy Siscawati

Horoskop

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Selasa, 8 Maret 2011 -


Dan dia bilang begini:

Nenek melihat kamu orang yang tidak sesenang biasanya. Nenek merasakan adanya kegembiraan di dalam dirimu. Dunia melihatmu jahat tapi mereka tidak melihat ke dalam dirimu. Sekarang dirimu yang merasa tertekan, sebagian atas keraguanmu sendiri. Kamu ini orang yang praktis, namun ada sesuatu di dalam dirimu yang ingin muncul bebas. Kamu bisa menahannya sampai sekarang, tapi tekanannya terus bertambah dan akhirnya kamu harus mengikutinya. Kamu itu tidak seperti orang lain, kamu harus menunjukkan ekspresimu dengan bebas. Dengan begitu kamu akan bahagia.

Wah. Benar banget ramalan nenek. Saya memang sebenarnya baik, tapi kenapa orang gak suka dengan saya.

Hubungannya dengan Psikologi

Efek Barnum

Apa yang baru saja dilakukan sang nenek adalah memanfaatkan efek Barnum. Efek Barnum merupakan efek dimana kita merasa berbeda dengan orang lain, padahal kita sama. Dengan kata lain, kita jauh lebih mirip dengan orang lain daripada yang kita duga. Kita senang merasa istimewa dan tidak sadar orang lain sebenarnya seperti kita juga, seperti merasa tidak disukai, merasa ada yang tersembunyi di dalam diri, dsb.

Efek Barnum juga harus dibubuhi dengan resep psikologis lainnya. Orang kalau diberi tahu seluruhnya bagus, mereka akan tidak percaya. Harus ada sesuatu yang negatif, seperti : kamu itu terlalu ambisius, kamu itu terlalu pesimis, dsb. Orang senang dengan harapan dan keunikan dirinya. Beri dia harapan : kamu akan bahagia. Beri juga dia keunikan: kamu itu tidak seperti yang lain.

Orang secara otomatis akan mencari hal-hal yang cocok sementara tidak terlalu peduli dengan yang tidak cocok. Itu sudah cukup untuk meyakinkan kalau sang peramal benar.

Astrologi itu ada sedikit ilmunya. Lebih tepatnya, ia seni. Sama seperti seni sulap. Ia mengasyikkan dan sebagian besar tidak berbahaya.

Hubungannya Dengan Astronomi

Posisi terhadap Bintang

Orang lebih banyak hidup di belahan utara bumi. Wajar karena belahan utara bumi lebih banyak daratan daripada selatan. Di masa lalu, orang membagi langit menjadi dua belas daerah, masing-masing 30 derajat, sehingga ada 12 daerah langit. Mereka membayangkan kalau langit itu sebuah bola, tidak peduli bumi datar atau tidak, dan kedua belas daerah di hitung dari posisi cakrawala, naik ke atas kepala, terus ke belakang kita, menembus bumi, ke bawah kaki kita dan kembali muncul di cakrawala.

Untuk menandainya, astronom harus memakai sesuatu yang mudah di ingat. Dipakailah gambar. Gambar ini diambil dari imajinasi astronom pada pola bintang yang ada di sepanjang jalur perjalanan matahari dari terbit hingga terbenam di waktu siang. Jalur ini disebut jalur zodiak, dan tanda tersebut disebut rasi. Karena langit ada 12 bagian, maka ada 12 rasi. Setiap hari, matahari terbit di lokasi satu rasi bintang (dari 12 tersebut). Bila hari itu matahari terbit di rasi Aquarius, berarti bintangmu adalah Aquarius.

Secara ilmiah, hal ini disebabkan oleh revolusi Bumi mengelilingi matahari. Waktu satu kali revolusi kita kita sebut satu tahun. Langit malam di tanggal 20 Mei akan beda dengan langit malam enam bulan kemudian, karena saat itu Bumi berada di sisi lain orbitnya. Di sisi lain tersebut, daerah langit yang kita lihat juga akan berbeda, karena Bumi malam akan menghadap sisi lain alam semesta. Bintang-bintang yang dijadikan titik dalam rasi bintang juga berada di berbagai sisi alam semesta (sebenarnya semuanya di galaksi kita). Jadi saat matahari terbit di Aquarius, sebenarnya saat itu cakrawala kita sedang menghadap ke matahari yang dibelakangnya terdapat daerah yang memuat kelompok bintang yang menyusun rasi bintang Aquarius.

Sayangnya, orbit bumi lebih rumit dari yang kita pelajari saat pembagian 30 derajat dilakukan 2000 tahun lalu. Dua ribu tahun lalu saat titik tegak matahari di khatulistiwa tanggal 21 maret, matahari terbit di Aries, tapi sekarang, pada tanggal yang sama, matahari terbit di Pisces. Perubahan ini disebabkan oleh rotasi sumbu Bumi yang satu putaran menempuh waktu 25800 tahun. Akibatnya, daerah yang dilintasi matahari dalam 2000 tahun sudah bergeser sejauh hampir 28 derajat (25800/360 = 71.67 tahun per derajat, dan 2000/71.67 = 27.91 derajat). Pergeseran ini berakibat pada masuknya satu rasi bintang baru kedalam jalur zodiak, yaitu rasi Ophiuchus.

Tabel berikut menunjukkan isi jalur zodiak 2000 tahun lalu dan sekarang. Perhatikan, tanggal-tanggal yang ada di artikel horoskop di majalah atau koran adalah tanggal-tanggal kadaluarsa yang berlaku 2000 tahun lalu, bukan sekarang, dan itu juga di buat dengan kalender Julian bukannya kalender Gregorian yang kita gunakan sekarang.

Rasi2000 tahun laluSekarang
Aries21 maret – 20 april19 april – 13 mei
Taurus21 april – 20 mei14 mei – 19 juni
Gemini21 mei – 21 juni20 juni – 21 juli
Cancer22 juni – 23 juli21 juli – 9 agustus
Leo24 juli – 23 agustus10 agustus – 15 september
Virgo24 agustus – 23 september16 september – 30 oktober
Libra24 september – 23 oktober31 oktober – 22 november
Skorpio24 oktober – 22 november23 november – 29 november
OphiuchusGak masuk jalur zodiak30 november – 17 desember
Sagitarius23 november – 22 desember18 desember – 18 januari
Capricorn23 desember – 20 januari19 januari – 15 februari
Aquarius21 januari – 19 februari16 februari – 11 maret
Pisces20 februari – 20 maret12 maret – 18 april

Nah, kita punya 18 hari dimana matahari terbit bukan di 12 rasi, tapi di Ophiuchus. Bagaimana dengan orang yang lahir pada ke 18 hari ini? Apakah mereka tidak punya kepribadian?

Sekarang, Virgo juga memakan waktu 45 hari, dulu hanya satu bulan. Scorpio hanya 7 hari, padahal dulu juga sebulan. Bagaimana coba?

Posisi terhadap planet

Biasanya agar terlihat lebih rumit, peramal menyertakan posisi planet dalam perhitungan horoskop. Di antara planet ini adalah Neptunus, Uranus dan Pluto. 2000 tahun lalu, kita hanya mengenal tujuh planet atau tujuh langit (bumi bukan planet tapi bulan dianggap planet). Karena para peramal menyertakan planet modern, tentu mereka juga memakai perhitungan modern juga kan? Tidak. Ke manapun anda melihat ramalan bintang, tetap hanya ada 12 rasi bintang, bukan 13.

Satu-satunya pengaruh fisik planet lain yang terjadi setiap saat terhadap bumi adalah gravitasi. Sayangnya, gravitasi planet terlalu lemah. Bisa dikatakan kalau gravitasi tubuh benda-benda disekitarmu lebih kuat daripada gravitasi planet Mars terhadapmu. Ingat rumus gravitasi, kekuatannya berbanding terbalik kuadrat terhadap jarak.

Hubungannya dengan Metode Ilmiah

Statistik

Telah ada banyak studi statistik yang menguji korelasi antara tanggal lahir dan karir seseorang. Salah satu yang paling luas adalah penelitian John D McGervey tahun 1965 yang mendaftarkan tanggal lahir dari 16634 ilmuan yang terdaftar dalam American Men of Science dan menyusunnya berdasarkan zodiak. Bila memang astrologi benar, maka akan ada banyak sekali ilmuan yang lahir pada satu horoskop, sementara ilmuan dari bintang lain lebih sedikit. Ternyata tidak ada perbedaan signifikan antara tanggal lahir para ilmuan. Jadi tidak ada pengaruh tanggal lahir terhadap karir. Ia kembali melakukannya tahun 1973 pada 6475 politikus yang terdaftar dalam Who’s who in American Politics. Hasilnya juga sama, tidak ada korelasinya antara zodiak dan karir.

Uji buta ganda

Metode ilmiah memiliki sebuah prinsip pengujian persepsi yang berbeda dari metode pencarian pengetahuan lainnya, yaitu uji buta ganda. Biasanya orang yang membaca zodiaknya, tidak melihat zodiak yang lain, sehingga kalau terasa cocok baginya, ya sudah. Bisa saja kan zodiak lain juga cocok dengannya?

Uji buta ganda menghilangkan kemungkinan tersebut. Kamu tidak diberi tahu apa zodiakmu tapi diberi daftar deskripsi kedua belas zodiak. Kamu melihat kesemuanya dan menebak mana yang sesuai dengan dirimu sekarang. Di sisi lain, peramal sebelum kamu menentukan pilihan, juga sudah memilih mana yang merupakan deskripsi dirimu. Jika jawaban kalian berbeda, maka astrologi tidaklah akurat.

Sekarang kamu sudah tahu zodiak kamu dari 12 zodiak yang ada (versi lama). Di bawah adalah kutipan deskripsi zodiak namun tidak diberi tahu zodiak apa dan yang mana. Semua di acak, coba cari mana yang sesuai denganmu. Nanti akan dikasi tahu jawaban yang benar.

Satu

Kamu bersemangat kuat dalam menempuh segala hal. Sifatmu yang agak aneh adalah merahasiakan sesuatu. Kalau kamu baik, kamu akan benar-benar baik, kalau kamu jahat, kamu adalah penjahat yang hebat. Kamu biasanya tabah menghadapi rintangan. Pendirianmu teguh dan tetap dalam menghadapi segala godaan. Kalau punya rahasia tidak mau dibicarakan dengan siapapun, walaupun teman terbaik. Ulet dalam bekerja dan senang  bergurau. Senang di puji dan akan memberi apapun bila orang pandai mengambil hatimu.

Dua

Kamu suka mengalah dan agak pelit. Kalau kamu suka bergaul kamu akan beruntung, jika tidak kamu akan rugi. Kamu lebih suka damai daripada ribut. Kemungkinan besar kamu punya perasaan yang halus. Kamu mudah tersinggung tapi siap menolong siapapun yang kesusahan. Pendirianmu kadang kurang tetap dan sifatmu pesimis. Kamu akan cukup terjamin di hari tua.

Tiga

Kamu orang yang senang mengkritik. Kamu tidak mau menerima begitu saja apa yang orang katakan. Pekerjaanmu selalu terlihat rapi. Kamu tidak suka menonjolkan diri di depan umum. Firasatmu tajam. Kalau kamu ingin tahu, pasti akan kamu teliti dengan detail. Biasanya kamu keras kepala tapi kalau ditolong orang, kamu tidak mudah melupakannya. Kamu sangat mencintai keluarga tapi suka ikut campur urusan orang lain dan cerewet. Pakaianmu rapi dan senang pada warna tua.

Empat

Kamu orang yang jujur, pemberani dan berterus terang. Kamu mudah dipercaya orang tapi kamu mudah marah. Untungnya, walaupun mudah marah, kamu juga mudah memaafkan dan menjadi baik. Kamu setia dalam persahabatan, cerdas dan berjiwa besar. Dalam bekerja kamu sabar sehingga sering berhasil dalam karir. Tapi kamu rela menipu dan berbohong demi kepentingan sendiri.

Lima

Kamu orang yang berani mengambil resiko. Fisikmu kuat. Kamu biasanya cerdas dan rajin terutama ketika menyelidiki sesuatu yang baru. Jiwa sosialmu besar tapi kamu sangat keras kepala bahkan bisa jadi sangat sombong.

Enam

Kamu agak keras kepala dan suka hal-hal baru. Daya pikirmu luas dan selalu berkembang. Karena kamu pantang mundur, kamu bisa menjadi pemimpin yang sukses. Jiwamu riang gembira sehingga kamu sehat dan kuat. Cita-citamu tinggi jadi kadangkala tidak tercapai. Kamu dalam bekerja suka buru-buru. Kamu rela membela mati-matian orang yang dianggap benar.

Tujuh

Kamu orang yang tekun walaupun sering kesulitan. Kamu pantang mundur sehingga dapat menjadi pemimpin yang baik bagi keluarga. Kamu kurang mudah percaya omongan orang lain. Kadang ini menguntungkan tapi kadang juga membuatmu gagal dalam berusaha. Sifatmu pesimis.

Delapan

Kamu orang yang telaten, sabar dan mudah beradaptasi. Kalau sudah marah, kamu bisa mengamuk. Kamu pandai berhemat tapi kalau sudah menginginkan sesuatu, kamu tidak ragu mengeluarkannya. Kamu termasuk orang pendiam, berhati keras dan tidak mau diperintah. Kamu tidak dapat diajar dengan kekerasan. Dalam bergaul, kamu termasuk orang yang menyenangkan karena tidak suka turut campur urusan orang lain. Sangat mencintai keluarga. Sayangnya, kamu suka bete tanpa sebab sama sekali.

Sembilan

Kamu berperasaan halus dan suka menyendiri. Kamu orang yang sangat penyayang, terutama pada hewan. Kamu tidak senang mubazir dan lebih senang hidup di rumah daripada jalan-jalan. Walaupun pendiam, kamu lincah dan cerdas. Kamu senang melamun dan berfantasi. Dalam bergaul, kamu pandai membawa diri. Kamu disiplin dan tertib sehingga dapat terlihat cerewet.

Sepuluh

Kamu punya sifat sosial, senang bergaul dan punya banyak teman. Gerakanmu sangat cekatan, pandai dan mudah memaafkan siapa saja. Sayangnya kamu pelupa sehingga sering dipandang orang yang tidak bisa dipegang janjinya. Perasaanmu sangat halus dan tajam jadi mudah tersinggung. Tapi kamu suka menolong orang lain dan suka sekali perdamaian.

Sebelas

Kamu orang yang mudah tersinggung. Perasaanmu halus. Dalam mengambil keputusan suka ceroboh sehingga sering menyesal. Kamu biasanya kurang berani mandiri sehingga selalu bergantung pada orang lain. Kamu gampang pula putus asa. Tapi, dalam bergaul kamu mudah beradaptasi sehingga punya banyak teman. Kamu kalau marah suka lupa daratan dan ketika tenang jadi menyesal. Senang berpakaian indah dan punya daya tarik tinggi.

Dua belas

Kamu punya sifat sosial, tapi kamu berpendirian tidak tetap. Untungnya kamu punya daya pikir yang luas dan jiwamu tidak suka hal-hal tradisional. Jiwamu bebas sehingga kamu kelihatan lincah. Dalam bergaul mudah beradaptasi tapi mudah pula tersinggung. Otak cerdas, firasat tajam tapi pikiran tidak mantap, akibatnya satu pekerjaan belum selesai, kamu sudah pindah ke pekerjaan yang lainnya. Kamu siap membantu orang yang kesusahan.

Jawabannya ada di post lain yang berjudul rasi bintang.

Bila tebakanmu benar, itu belum cukup untuk mengatakan bahwa astrologi akurat. Berdasarkan kebetulan semata, maka akan ada satu tebakan benar dari 12 tebakan. Untuk itu, kamu harus menguji 11 orang temanmu dan lihat apakah mereka juga menebak benar.

Kesimpulan

Yang jelas, astrologi bukanlah sains. Terserah kamu mau percaya atau tidak dengan astrologi. Astrologi walaupun tidak bertopang pada sains, ia dapat membantu orang mengungkapkan perasaannya dan kepribadiannya. Ia membantu fungsi psikologi dan fungsi sosial sebagian orang. Sejauh tidak membahayakan, astrologi sah-sah saja.

Referensi

Astrology Fails the Test of Science (2) Mark Mayberry

John D McGervey 1973 Who’s Who in American Politics

Dirdjosoemarto, S. dkk, 1990. Materi Pokok Pendidikan IPA 2, Buku II, Modul 7-12. Depdikbud.

Gayo, I. 2003. Buku Pintar Seri Senior.

Kelly, L. 2004. The Skeptics Guide to the Paranormal. Allen and Unwin.

Wallaby, S.J.R. 1987. What Star Sign Are You Really? The Skeptic, Vol. 7, No. 3, pp. 8-9

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.