Diposting Minggu, 6 Maret 2011 jam 1:50 am oleh Evy Siscawati

Mari Kita Tanya Orang Itu Tentang Sains

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Minggu, 6 Maret 2011 -


So what? Pakar disebut pakar karena mereka ahli di bidangnya. Saat anda menanyakan pendapat, anda memang semestinya bertanya pada berbagai pihak yang berkepentingan. Namun ketika anda bertanya tentang fakta, tanyakan pada ahlinya. Mereka sudah akrab dengan itu puluhan tahun, beda dengan orang yang lewat di samping sawah yang digambari Crop Circle lalu menganga sambil mengatakan “Ini tidak mungkin buatan manusia!”.  Kamu tidak tahu aja cara buatnya, dan tidak semua manusia seperti kamu, bukan begitu. Tapi, oh, media bertanya kepadanya dan mengutipnya seolah dia pakar.

FaktaIlmiah sudah dari awal menduga kalau ini buatan anak matematika dan atau anak UGM ( credit : challink.com)

Saya juga ingat waktu kasus lama tentang teknologi pembangkit tenaga air jenis baru (yang ternyata hanya scam). Apa yang dilakukan wartawan? Mereka bertanya pada pejabat dan pejabat bilang “mungkin saja, kecepatan cahaya kan bla bla bla”. Apa hubungan tenaga air dengan kecepatan cahaya coba.

Bertanya pada bukan pakarnya tampak sebagai hobi dari media saat ini. Sedih bila mengingat nasib para pakar kita yang sendirian di dalam lab, rindu diajak ngomong ama wartawati cakep dan wartawan ganteng. Masa mesti ngobrol dengan siti (nama panjangnya: sitikus lab). Mereka lebih tahu, tapi dunia tidak tahu, padahal kita ingin tahu. Mari budayakan bertanya pada ahlinya.

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.