Diposting Kamis, 3 Maret 2011 jam 9:05 pm oleh Evy Siscawati

Ukuran Maksimal Kapal Kayu

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Kamis, 3 Maret 2011 -


Ternyata, setelah di pelajari, ada kendala khusus dalam membangun kapal raksasa. Dalam beberapa abad lalu beberapa kapal kayu telah dibuat, tidak ada yang sebesar titanik. Kapal kayu ini ditambah lapisan logam agar kapal tidak tertahan dari hantaman ombak, walau begitu banyak yang akhirnya tenggelam dan mengalami kerusakan lambung; salah satu yang terbesar, Baron of Renfrew (1825) panjangnya 100 meter, terpecah dalam perjalanan pertamanya.
Kapal-kapal yang lebih besar, seperti kapal kayu terbesar dalam sejarah, Rochambeau (Dundenberg), memiliki panjang 115 meter dan lebar 22.2 meter. Kapal ini tidak bisa berlayar padahal sudah memenuhi semua kebutuhan, kecuali, umm, bahan. Setelah ditambah sejumlah besi untuk menopang rangka dan melapisi beberapa bagian penting di dindingnya, barulah kapal ini bisa berlayar. Itupun hanya mampu sekali berlayar. Sesudah itu tidak layak digunakan. Bandingkan dengan kapal terbesar di dunia yang bernama Allure of the Seas yang panjangnya 362 meter atau Titanic yang panjangnya 269 meter.

Kapal Kayu Terbesar di dunia, USS Rochambeau (Dundenberg), tahun 1865

Kapal Kedua Terbesar di Dunia, Oasis of the Seas, cuma beda 2 meter dari Kapal terbesar di dunia yang gambarnya jelek

Secara teknik, tidak mungkin kapal kayu lebih panjang dari 100 meter dapat digunakan untuk berlayar, karena ia tidak cukup tegar untuk menahan gelombang laut dan jelas tambahan orang di dalamnya akan menambah bebannya.
Itu mengapa kapal kayu tidak bisa dibuat besar dan para penjelajah samudera harus bertopang dengan kapal-kapal kecil sempit untuk datang menjajah Indonesia.

Referensi
Wikipedia. List of World’s Largest Wooden Ships.
Wikipedia. List of World’s Longest Ships.

Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.