Diposting Kamis, 24 Februari 2011 jam 8:41 am oleh Evy Siscawati

Kenapa Macet bikin Kesal

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Kamis, 24 Februari 2011 -


Jawabannya terletak pada jumlah stiker mobil anda. Semakin banyak stiker di mobil anda, semakin besar kemungkinan kalau anda orang yang agresif saat berada di dalam mobil. Tidak peduli apakah stiker itu bunyinya : Doa Ibu Sepanjang Jalan, Selamatkan Panda dari Kepunahan atau Cewek Cakep Boleh Numpang. Selama itu ditempel di mobil anda, anda orang yang agresif dalam berkendara.

Baiklah atau amerika membawa demokrasi ke negara anda

Terjemahan: Jangan Dekat-Dekat.

Secara psikologi, ini namanya tanda teritorial untuk mempertegas zona proksemik. Setiap orang punya zona pribadi. Kadang hanya sedepa, kadang sebesar kamar. Ini mengapa saat orang asing duduk di samping anda di bangku, anda bergeser sedikit menjauh. Orang asing itu mencoba memasuki zona pribadi anda. Biasanya tanda teritorial untuk mempertegas zona proksemik ini adalah meletakkan barang seperti tas atau buku di samping anda duduk, atau dalam kasus kursi kecil dengan meja, anda mempertegas zona proksemik dengan meletakkan barang-barang anda di atas meja. Dengan cara ini, orang lain merasa segan untuk duduk di samping atau di depan anda.
Ketika kita mengendarai mobil, maka kepribadian kita meluas. Seluas mobil tersebut. Akibatnya, zona pribadi kita lebih luas lagi, beberapa inci atau beberapa depa. Ketika mobil lain ada di depan, atau di samping, ia melanggar zona pribadi kita. Tapi berbeda dengan cewek kuntilanak yang bisa bergeser saat ada cewek lain duduk disampingnya sambil smsan, kita tidak bisa bergeser ke samping atau kemanapun, namanya juga macet. Akibatnya kita kesal.
Referensi

  1. Szlemko, W.J., Benfield, J.A., Bell, P.A., Deffenbacher, J.L. 2008. Territorial Markings as a Predictor of Driver Aggression and Road Rage. Journal of Applied Social Psychology, Vol. 38, No.6.
  2. Vedantam, S. Looking to Avoid Aggressive Drivers? Check Those Bumpers. Washington Post. June 16, 2008.
Evy Siscawati
Facts are the air of scientists. Without them you can never fly (Linus Pauling). Berjalan di pantai, dud dud, berjalan di pantai, dud dud (ESW).
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.