Diposting Jumat, 18 Februari 2011 jam 9:35 am oleh Dianna Firefly

Kayu Manis (Cassia cinnamon) Kita Terlalu Manis

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Jumat, 18 Februari 2011 -


Kayu manis (Cassia cinnamon) yang tumbuh di Indonesia baru saja selesai diteliti oleh para ilmuan. Mereka terkesan dengan adanya variasi besar dalam jumlah coumarin dalam sampel kulit kayu. Kenapa diteliti? Karena kayu manis beresiko memberikan gangguan hati pada sedikit orang yang sensitif dan mengkonsumsi makanan dengan bumbu kayu manis yang banyak.

Laporan tentang studi rempah-rempah yang telah menjadi komoditas dunia sejak zaman VOC ini dilaporkan dalam Jurnal Pertanian dan Kimia Makanan (Journal of Agricultural and Food Chemistry) edisi November 2010.

Woehrlin dan rekan-rekannya menemukan bahwa kayu manis merupakan bumbu kedua terpopuler di Amerika dan Eropa, setelah merica. Kayu manis berasal dari kulit pohon, di jual dalam bentuk potongan yang keras atau ada juga yang dalam bentuk bubuk. Sayangnya negara asal pohon ini , jarang ditulis dalam kemasan.

Sebenarnya bukan hanya Indonesia (khususnya Maluku) saja yang menjadi habitat kayu manis. Ada dua jenis kayu manis: kayu manis Sri lanka (juga disebut kayu manis sejati… ugh, jadi yang di Indonesia bukan asli?) hanya tumbuh di Srilanka, Madagaskar dan Seychelles. Cassia yang paling banyak, datang dari China dan Indonesia. Kedua jenis kayu manis ini mengandung coumarin, zat pemanis alami pada tanaman. Studi telah menemukan hubungan antara banyaknya konsumsi coumarin dengan kerusakan hati pada sejumlah orang yang sensitif.

Para ilmuan menganalisa 91 sampel kayu manis yang dibeli dari toko-toko di Jerman. Mereka menemukan kalau tingkat coumarin sangat beraneka ragam dari tiap sampel kulit pohon Cassia cinnamon. Karena merasa penasaran, para ilmuan langsung memesan sampel kulit kayu dari lima pohon yang dipesan langsung dari Indonesia, dan mereka menemukan variasi yang besar pada sampel yang dikumpulkan, bahkan dari satu pohon saja!

Studi ini membenarkan bahwa Kayu Manis memang Manis! Hehe. Maksudnya, kayu manis merupakan kulit kayu yang paling tinggi kandungan coumarinnya, di banding katakanlah kulit kayu Nangka belakang rumahmu. Dalam kerajaan tumbuhan, Kayu Manis yang paling kaya coumarin. Dan kayu manis ini datang dari Indonesia. Kayu manis dari Sri lanka ditemukan lebih rendah kandungan coumarinnya. Bubuk Kayu Manis Indonesia, 63 kali lebih banyak coumarinnya dari pada bubuk kayu manis Sri Lanka. Potongan kayu manis Indonesia 18 kali lebih banyak coumarinnya dari pada kayu manis Sri Lanka.

“Penelitian kami selanjutnya adalah menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah coumarin dalam cassia cinnamon dan mencoba merancang kayu manis rendah cinnamon di masa depan,” tulis laporan tersebut.

Wait, jadi kayu manis kita terlalu manis? Begitu manis sehingga mereka ingin menurunkan kadarnya. Ya, sepertinya ini gara-gara coumarin berlebih dapat menyebabkan penyakit hati bagi individu yang sensitif.

Menurut petugas kesehatan, hampir mustahil membedakan kayu manis sri lanka dengan kayu manis Indonesia dalam bentuk bubuk. Dalam bentuk batang memang cukup mudah. Kayu manis dari Indonesia lebih tebal dari kayu manis Sri Lanka.

Referensi :

Woehrlin, F., Fry, H., Abraham, K., Preiss-Weigert, A. 2010. Quantification of Flavoring Constituents in Cinnamon: High Variation of Coumarin in Cassia Bark from the German Retail Market and in Authentic Samples from Indonesia. Journal of Agricultural and Food Chemistry,; 58 (19): 10568

Dianna Firefly
I don't wanna explain who I am. Just a woman who has big dreams. I don't get to choose how i'm going to die, or When. But i can to decide how i'm going to live now. That's why i am Luminous ! Dianna Firefly
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.