Diposting Jumat, 10 Desember 2010 jam 4:57 pm oleh Gun HS

Lubang Hitam dan Kelengkungan Ruang Tertangkap Array Canggih Teleskop Radio

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Jumat, 10 Desember 2010 -


Sebuah gambar baru menunjukkan bagaimana cahaya dari sebuah quasar berjarak miliaran tahun cahaya jauhnya, membengkok di sekitar galaksi latar depan oleh kelengkungan ruang. Cahaya ini telah melakukan perjalanan selama 9 miliar tahun sebelum mencapai Bumi. Quasar adalah galaksi yang diaktifkan oleh lubang hitam super-masif, yang menyebabkan penyemburan jet materi bergerak pada hampir kecepatan cahaya.

Gambar dramatis itu adalah yang pertama yang diproduksi oleh e-MERLIN, sebuah array baru dari teleskop radio yang saling terhubung di seluruh Inggris.

Dipelopori oleh Observatorium Jodrell Bank Universitas Manchester dan didanai oleh Science and Technology Facilities Council, teleskop e-MERLIN memungkinkan para astronom untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kunci yang terkait dengan asal usul dan evolusi galaksi, bintang dan planet.

Untuk menunjukkan kemampuannya, astronom Universitas Manchester memutar array teleskop baru ini menghadap “Double Quasar”. Objek yang penuh teka-teki ini pertama kali ditemukan oleh Jodrell Bank, merupakan contoh yang terkenal dari teori gravitasi Einstein.

Kelengkungan ruang yang dihasilkan di dalam suatu ‘lensa gravitasi’ memproduksi beberapa gambar quasar yang sama – dua yang paling terang dari gambar-gambar berlensa ini bisa dilihat dari sini sebagai dua objek terang, satu di bawah yang lainnya. Galaksi latar depan yang massanya bertanggung jawab atas efek pelensaan juga terlihat tepat di atas gambar quasar yang lebih rendah. Emisi radio yang terlihat pada gambar e-MERLIN menunjukkan bahwa galaksi ini juga tempat pelabuhan sebuah lubang hitam, meskipun agak kecil.

Fasilitas nasional Inggris untuk astronomi radio e-MERLIN ini telah diatur untuk menghasilkan detail gambar bintang dan galaksi dengan menggunakan tujuh teleskop yang menyebar secara terpisah hingga 220 km di Inggris dan bekerja sebagai satu kesatuan. Kombinasi teleskop yang tersebar luas ini menyediakan lensa zoom yang kuat, memungkinkan para astronom dapat mempelajari rincian peristiwa astronomi yang berjarak sangat jauh di ujung alam semesta terobservasi.

Sinyal radio yang dikumpulkan oleh teleskop dibawa kembali ke Jodrell Bank dengan menggunakan jaringan serat optik baru. Link fiber dan penerima elektronik canggih ini akan memungkinkan para astronom mengumpulkan data lebih jauh lagi dan juga melihat dalam satu hari data-data yang sebelumnya diambil selama lebih dari satu tahun observasi.

Sejalan dengan demonstrasi yang sukses dari sistem teleskop baru ini, pekerjaan telah dimulai pada observasi ‘sains awal’, dimaksudkan untuk menguji kemampuannya secara ketat. Proyek ini telah menarik astronom lebih dari 100 institut di seluruh dunia, yang akan menggunakan e-MERLIN untuk mempelajari sejumlah besar astrofisika. Ini termasuk kelahiran dan kematian bintang, evolusi lubang hitam dan galaksi, pulsar (inti dari keruntuhan bintang meledak) serta planet muda yang terbentuk di sekitar bintang-bintang di dekatnya.

Proyek e-MERLIN didanai oleh Science and Technology Facilities Council (STFC), Northwest Development Agency, Universitas Manchester, Universitas  Cambridge dan Universitas Liverpool John Moores. Proyek ini sedang dioperasikan oleh STFC dan Universitas Manchester.

Profesor Mike Garrett, Direktur Jenderal Astron, Institut Astronomi Radio Belanda, mengatakan, “Sebagai pathfinder untuk teleskop radio internasional generasi mendatang, Square Kilometer Array, e-MERLIN merupakan satu lompatan raksasa ke depan bagi komunitas astronomi radio global.”

Sumber artikel: Black holes and warped space: New UK telescope shows off first images (manchester.ac.uk)
Kredit: University of Manchester

Gun HS
There's only one thing I figured about myself: Complex
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.