Diposting Selasa, 30 November 2010 jam 8:31 am oleh Gun HS

Keruntuhan Hutan Tropis Memicu Ledakan Evolusi Reptil

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Selasa, 30 November 2010 -


Pemanasan global menghancurkan hutan-hutan tropis 300 juta tahun yang lalu. Kini, para ilmuwan melaporkan penemuan yang tak terduga bahwa peristiwa ini telah memicu ledakan evolusi di antara reptil – dan secara tidak sengaja membuka jalan bagi kebangkitan dinosaurus, 100 juta tahun kemudian.

Peristiwa ini terjadi selama Periode Carboniferous. Pada masa itu, Eropa dan Amerika Utara terletak di wilayah khatulistiwa dan ditutupi oleh hutan tropis yang beruap. Tapi ketika iklim bumi menjadi lebih panas dan kering, hutan tropis menjadi runtuh, memicu evolusi reptil.

Dr. Howard Falcon-Lang dari Royal Holloway Universitas London, Inggris, menjelaskan, “Perubahan iklim menyebabkan hutan tropis terpecah menjadi ‘pulau-pulau’ hutan kecil. Hal ini mengisolasi populasi reptil, dan tiap-tiap komunitasnya berevolusi ke arah yang terpisah, mengakibatkan terjadinya keberagaman yang meningkat.”

Profesor Mike Benton dari Universitas Bristol, Inggris, menambahkan, “Ini merupakan respon ekologi klasik bagi fragmentasi habitat. Anda melihat proses yang sama terjadi saat ini setiap kali kelompok hewan menjadi terisolasi dari populasi induknya. Hal ini sudah dipelajari di berbagai lintas pulau di antara sistem jalur utama, atau di pulau-pulau samudra, seperti halnya yang diobservasi Charles Darwin di Galapagos.”

Ms. Sarda Sahney, yang juga dari Universitas Bristol, Inggris, mengatakan, “Ini menarik bahwa sekalipun dalam menghadapi kehancuran ekosistem, hewan bisa terus mengalami diversifikasi melalui penciptaan populasi endemik.” Bagaimanapun juga, dia memperingatkan, “Hidup mungkin tidak lagi begitu beruntung di masa depan, hutan tropis Amazon pastinya akan runtuh.”

Untuk mencapai kesimpulan, para ilmuwan mempelajari catatan fosil reptil sebelum dan sesudah keruntuhan hutan tropis. Mereka menunjukkan bahwa reptil menjadi lebih beragam dan bahkan mengubah pola makan mereka karena mereka harus berjuang beradaptasi menghadapi cepatnya perubahan iklim dan lingkungan.

Sumber artikel: Rainforest collapse drove reptile evolution (bris.ac.uk)
Kredit: University of Bristol
Informasi lebih lanjut:
Sarda Sahney, Michael J. Benton, Howard J. Falcon-Lang. Rainforest collapse triggered Carboniferous tetrapod diversification in Euramerica. Geology; December 2010; v. 38; no. 12; p. 1079-1082; DOI: 10.1130/G31182.1

Gun HS
There's only one thing I figured about myself: Complex
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.