Diposting Selasa, 30 November 2010 jam 11:04 am oleh Gun HS

Bermain Game Online Sekaligus Membantu Peneliti Genetika

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Selasa, 30 November 2010 -


Para peneliti McGill mengembangkan game yang memanfaatkan gerakan pemain untuk menganalisa urutan genetik

Bermain game online menjadi lebih dari sekedar membunuh waktu, berkat game baru yang dikembangkan oleh tim bio-informatika di Universitas McGill. Kini, para pemain game dapat memberi kontribusi dengan cara yang menyenangkan bagi penelitian genetik.

“Ada beberapa kalkulasi bahwa otak manusia tidak lebih efisien daripada komputer, misalnya seperti pengenalan wajah,” jelas pemimpin peneliti, Dr Jérôme Waldispuhl, dari Fakultas Ilmu Komputer. “Mengenali dan menyortir pola dalam kode genetik manusia jatuh ke dalam kategori ini. Game online baru kami ini memungkinkan pemain bersenang-senang sekaligus menjadi penunjang penelitian genetik – para pemain bahkan bisa memilih suatu penyakit genetik, lalu minta dibantukan untuk men-decode penyakit itu.”

Game ini disebut Phylo, bisa dimainkan di situs berikut: http://phylo.cs.mcgill.ca. Game ini telah diuji dalam komunitas ilmiah untuk memastikan akurasinya, namun secara resmi baru diluncurkan hari ini pada pukul 11 pagi.

“Kami berharap orang akan menikmati game ini dan banyak peserta yang akan mendaftar,” kata Waldispühl. “Ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk menggunakan waktu luang mereka berkontribusi dengan cara yang sangat penting bagi penelitian medis.” Banyak penyakit manusia yang disebabkan cacat dalam kode DNA, dan para peneliti baru saja mulai mengungkap link ini.

Selain menawarkan kesempatan untuk terlibat dalam penelitian ini pada masyarakat umum, game ini juga bermanfaat untuk mengajar para generasi peneliti genetika berikutnya tentang bidang yang mereka geluti itu. “Penyebab tepatnya penyakit genetik adalah hal yang paling tidak diketahui, namun berkat para pemain Phylo, penelitian ini dapat meningkat secara signifikan,” kata Dr Alain Denise, seorang peneliti dari Bioinformatika dan Komputasi Biologi di Universitas Paris-Sud 11.

Para peneliti berencana lebih jauh untuk masa depan game ini. “Kami ingin mengintegrasikan game ini langsung ke Facebook sebagai aplikasi. Farmville, minggirlah!”

Sumber artikel: Forget Farmville, here’s a game that drives genetic research (eurekalert.org)
Kredit: McGill University

Gun HS
There's only one thing I figured about myself: Complex
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.