Diposting Kamis, 18 November 2010 jam 9:07 pm oleh Gun HS

Mengapa Estrogen Membuat Anda Lebih Pintar?

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Kamis, 18 November 2010 -


Estrogen adalah obat mujarab untuk otak, mempertajam performa mental pada manusia dan hewan serta menjanjikan sebagai pengobatan untuk gangguan otak seperti penyakit Alzheimer dan skizofrenia. Tapi jangka panjang terapi estrogen, sekali diresepkan secara rutin untuk wanita menopause, sekarang cukup kontroversial karena terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa hal itu meningkatkan risiko kanker, penyakit jantung dan stroke.

Para peneliti Northwestern Medicine telah menemukan cara untuk menuai keuntungan estrogen tanpa risiko. Menggunakan senyawa khusus, mereka menyalakan saklar yang meniru efek estrogen pada sel-sel otak kortikal. Para ilmuwan juga menemukan bagaimana estrogen bekerja secara fisik di dalam sel-sel otak untuk meningkatkan kinerja mental, yang sebelumnya belum pernah diketahui.

Ketika para ilmuwan menyalakan saklar, secara teknis dikenal sebagai suatu pengaktifan reseptor estrogen, mereka menyaksikan peningkatan dramatis jumlah koneksi di antara sel-sel otak, atau neuron. Koneksi-koneksi tersebut, yang disebut spinal dendritik, merupakan jembatan kecil yang memungkinkan sel-sel otak berbicara satu sama lain.

“Kami menciptakan lebih banyak situs yang dapat memungkinkan untuk komunikasi yang lebih si antara sel,” kata pemimpin penelitian, Deepak Srivastava, asisten profesor penelitian dalam ilmu saraf di Northwestern University Feinberg School of Medicine. “Kami sedang membangun lebih banyak jembatan sehingga informasi lebih lanjut bisa pergi dari satu sel ke yang lainnya.”

Temuan ini dipresentasikan 17 November dalam Neuroscience 2010 di San Diego. Peter Penzes, profesor psikologi serta ilmu psikiatri dan perilaku di Sekolah Feinberg, adalah peneliti senior.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa peningkatan spinal dendritik meningkatkan kinerja mental pada hewan. Pada manusia, orang yang memiliki penyakit Alzheimer atau skizofrenia sering mengalami penurunan spinal.

“Kami menduga ada hubungan kuat antara jumlah spinal dendritik dan kinerja mental Anda,” kata Srivastava. “Sebuah teori utama adalah jika Anda meningkatkan jumlah spinalnya, itu bisa menjadi cara untuk mengobati penyakit mental yang signifikan.”

Para ilmuwan Northwestern juga menemukan petunjuk kuat bahwa estrogen dapat diproduksi di dalam sel-sel otak kortikal. Mereka mengidentifikasi aromatase, protein penting yang diperlukan untuk memproduksi estrogen, tepat berada di tempat yang tepat di sel otak untuk membuat lebih banyak spinal dendritik.

“Kami telah menemukan bahwa mesin yang dibutuhkan untuk membuat estrogen di dalam sel-sel otak ada di dekat spinal dendritik,” kata Srivastava. “Inilah tempat di mana ia dibutuhkan. Ada banyak di tempat yang tepat pada waktu yang tepat.”

Selanjutnya, Srivastava mengatakan, ia ingin lebih lanjut mengidentifikasi molekul kunci yang terlibat dalam produksi spinal dendritik dan target mereka dengan cara yang sama seperti reseptor estrogen, untuk akhirnya bisa mengobati skizofrenia dan gangguan mental lainnya.

Nick Brandon, kepala psikiatri di Pfizer Inc, grup yang bekerja sama dengan laboratorium Penzes untuk pekerjaan ini, menambahkan, “Kami sangat gembira dengan data yang muncul di area ini. Ada banyak literatur dan preseden untuk peran estrogen, dan sinyal estrogen pada penyakit mental utama ini menambah pemahaman kita tentang fungsi saraf tertentu. Sebagaimana kita memahami dampak dari senyawa spesifik reseptor estrogen beta dalam model praklinisnya, kita menemukan efek pada fungsi saraf tertentu, yang dapat relevan untuk pengobatan gangguan kognitif, depresi serta skizofrenia.”

Penelitian ini didukung oleh National Institutes of Health, American Heart Association serta Aliansi Nasional untuk Riset Skizofrenia dan Depresi.

Sumber Artikel: Why Estrogen Makes You Smarter (northwestern.edu)
Kredit: Northwestern University

Gun HS
There's only one thing I figured about myself: Complex
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.