Diposting Rabu, 17 November 2010 jam 2:59 am oleh Gun HS

Lubang Hitam Buatan dengan Metamaterial

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Rabu, 17 November 2010 -


Selagi pengetahuan langsung kita tentang lubang hitam di alam semesta masih terbatas pada apa yang bisa kita amati dari ribuan atau jutaan tahun cahaya jauhnya, sebuah tim fisikawan Cina telah mengusulkan cara sederhana untuk merancang sebuah lubang hitam elektromagnetik (EM) di laboratorium.

Dalam Journal of Applied Physics, Huanyang Chen dari Universitas Soochow beserta para rekannya telah menyajikan desain sebuah lubang hitam EM buatan, dirancang dengan menggunakan lima jenis bahan isotropik komposit, berlapis-lapis sehingga mode magnetik melintang mereka menangkap gelombang EM pada objek yang dikenakan. Lubang hitam EM buatan tidak membiarkan gelombang EM melarikan diri, analog dengan lubang hitam yang memerangkap cahaya. Dalam hal ini, gelombang EM terjebak di wilayah spektrum gelombang mikro.

Bahan yang disebut metamaterial ini, digunakan dalam percobaan yang secara artifisial merekayasa bahan, dirancang untuk memiliki sifat tidak biasa yang tidak terlihat di alam. Metamaterial juga telah digunakan dalam studi selubung tembus pandang dan superlensa pembiasan negatif. Kelompok peneliti menyarankan bahwa metode yang sama mungkin dapat disesuaikan dengan frekuensi yang lebih tinggi, bahkan dengan cahaya yang terlihat.

“Pengembangan lubang hitam buatan akan memungkinkan kita mengukur bagaimana cahaya diserap ketika melewati mereka,” kata Chen. “Mereka juga dapat diterapkan untuk pemanenan cahaya dalam tata surya-sel.”

Sumber Artikel: Artificial black holes made with metamaterials (eurekalert.org)
Kredit: American Institute of Physics
Informasi lebih lanjut:
Wanli Lu, JunFeng Jin, Zhifang Lin, Huanyang Chen. A simple design of an artificial electromagnetic black hole. Journal of Applied Physics. J. Appl. Phys. 108, 064517 (2010); doi:10.1063/1.3485819

Gun HS
There's only one thing I figured about myself: Complex
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.