Diposting Jumat, 12 November 2010 jam 6:48 am oleh Gun HS

Yoga Meningkatkan Mood dan Mengurangi Kecemasan Terkait dengan Kenaikan Tingkat Kimia di Otak

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Jumat, 12 November 2010 -


Yoga memiliki efek positif yang lebih besar pada suasana hati dan tingkat kecemasan seseorang dibandingkan dengan berjalan dan bentuk latihan lainnya, yang mungkin disebabkan oleh tingkat kimia GABA yang lebih tinggi di otak, demikian menurut sebuah artikel di The Journal of Alternative and Complementary Medicine, jurnal peer-review yang dipublikasikan oleh Mary Ann Liebert, Inc. Artikel ini tersedia gratis secara online.

Yoga telah terbukti menaikkan tingkat asam gamma-aminobutyric, atau GABA, suatu bahan kimia dalam otak yang membantu mengatur aktivitas saraf. Aktivitas GABA berkurang pada orang yang mengalami gangguan mood dan kecemasan. Obat-obatan yang meningkatkan aktivitas GABA umumnya diresepkan untuk meningkatkan mood dan menurunkan kecemasan.

Dengan menyatukan semua observasi, studi yang dilakukan oleh Chris Streeter, MD, dari Universitas School of Medicine Boston (Massachusetts) beserta rekan-rekannya menunjukkan bahwa peningkatan kadar GABA yang diukur setelah sesi postur yoga, berhubungan dengan meningkatnya suasana hati dan menurunnya kecemasan. Temuan mereka membangun link baru antara yoga, tingkat GABA yang lebih tinggi di talamus, serta perbaikan suasana hati dan kecemasan berdasarkan penilaian psikologis. Para penulis menunjukkan bahwa latihan yoga merangsang area otak tertentu, sehingga menimbulkan perubahan neurotransmiter antidepresi endogen seperti GABA.

“Ini merupakan pekerjaan penting yang menetapkan beberapa dasar obyektif bagi efek yang disadari setiap harinya oleh para praktisi terapi yoga terlatih di seluruh dunia. Yang penting sekarang, temuan ini sedang diselidiki lebih lanjut dalam studi jangka panjang untuk menetapkan seberapa berkelanjutannya perubahan tersebut dapat ditelusuri dalam perawatan non-obat yang aman bagi depresi,” kata Kim A. Jobst, MA, DM, MRCP, MFHom, DipAc, Kepala Editor The Journal of Alternative and Complementary Medicine.

Sumber Artikel: Yoga’s ability to improve mood and lessen anxiety is linked to increased levels of a critical brain chemical (eurekalert.org)
Kredit: Mary Ann Liebert, Inc./Genetic Engineering News
Referensi Jurnal:
Chris C. Streeter, Theodore H. Whitfield, Liz Owen, Tasha Rein, Surya K. Karri, Aleksandra Yakhkind, Ruth Perlmutter, Andrew Prescot, Perry F. Renshaw, Domenic A. Ciraulo, J. Eric Jensen. Effects of Yoga Versus Walking on Mood, Anxiety, and Brain GABA Levels: A Randomized Controlled MRS Study. The Journal of Alternative and Complementary Medicine, 2010; 16 (11): 1145 DOI: 10.1089/acm.2010.0007

Gun HS
There's only one thing I figured about myself: Complex
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.