Diposting Jumat, 5 November 2010 jam 12:44 am oleh Gun HS

Para Peneliti LHC Berencana Menciptakan ‘Big Bang Miniatur’

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Jumat, 5 November 2010 -


Para peneliti di Large Hadron Collider (LHC) bersiap untuk menciptakan Big Bang dalam skala miniatur.

Sejak tahun 2009, akselerator partikel energi tertinggi di dunia telah menghantamkan proton-proton, dalam upaya untuk menjelaskan sifat dasar materi.

Tapi sekarang mesin besar tersebut akan menabrakan ion timah sebagai gantinya.

Percobaan direncanakan awal bulan November dan akan berlangsung selama empat minggu.

LHC bertempat di sebuah terowongan sepanjang 27 km di perbatasan Perancis-Swiss, dan dikelola oleh Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN).

LHC terdiri dari empat percobaan yang berbeda, dan salah satunya, ALICE, telah secara khusus dirancang untuk menabrakan ion timah.

Tujuan dari tabrakan ini adalah untuk mengetahui seperti apa awal alam semesta itu. Proton saling bertabrakan pada energi yang tinggi, bertujuan untuk aspek-aspek lain dari fisika, seperti menemukan partikel Higgs boson yang sulit dipahami dan tanda-tanda hukum-hukum fisika baru, seperti kerangka yang disebut supersimetri.

Juru bicara CERN, James Gillies, mengatakan bahwa selain ALICE, ATLAS dan Compact Muon Solenoid (CMS), eksperimen juga akan menabrakan ion secara temporari.

Big Bang

Dia mengatakan bahwa pengujian ini dapat memberikan wawasan tentang kondisi alam semesta sekitar 13,7 milyar tahun yang lalu, tepat setelah Big Bang.

Mereka akan melihat fraksi alam semesta kedua setelah bola kecil energi yang sangat padat meledak untuk menciptakan alam semesta seperti yang kita kenal sekarang ini.

Para ilmuwan percaya bahwa pada saat itu keadaan khusus materi yang ada, berbeda dengan materi alam semesta yang terbentuk di masa sekarang ini.

“Materi ada di berbagai keadaan: Anda dapat mengambil material seperti air dan jika Anda membekukannya, ia akan menjadi padat, dan jika Anda meletakkannya di atas meja, ia akan berubah menjadi cairan, dan jika Anda memasukkannya ke dalam ketel, ia akan berubah menjadi gas,” kata Dr Gillies.

“Itu semua benda yang sama, tetapi mereka adalah keadaan materi yang berbeda. Dan jika Anda membawa material itu ke laboratorium, Anda dapat menarik elektron dari atom dan Anda menemukan keadaan materi yang disebut plasma.”

Tetapi pada awal alam semesta, mungkin ada keadaan lain materi. Fisikawan menjulukinya sebagai “benda” plasma quark-gluon.

“Dan ini adalah keadaan materi yang bisa Anda temukan jika Anda mampu secara efektif mencairkan materi inti yang membentuk atom di saat ini, melepaskan hal-hal yang berada di dalamnya, yaitu quark dan gluon,” jelas Dr Gillies.

Dr Evans adalah salah satu ilmuwan yang akan mengambil bagian dalam eksperimen terbaru

Sup quark dan gluon

Jika para peneliti di LHC mampu menciptakan keadaan materi itu dan mempelajarinya, mereka bisa mendapatkan petunjuk penting tentang bagaimana ia “berevolusi menjadi jenis materi yang dapat membuat Anda dan saya”.

Salah satu ilmuwan yang akan mengambil bagian dalam percobaan ini adalah David Evans dari Universitas Birmingham, Inggris.

“Walaupun bola api kecil hanya akan ada untuk sesaat (kurang dari seper dari seper detik) suhu akan mencapai lebih dari sepuluh triliun derajat, satu juta kali lebih panas daripada pusat matahari,” kata Dr Evans.

“Pada suhu yang dihasilkan itu, bahkan proton dan neutron, yang membentuk inti atom, akan mencair, menghasilkan sup quark dan gluon yang panas dan padat.”

Peneliti mengatakan bahwa suhu dan kepadatan yang bertabrakan bertujuan untuk menciptakan yang paling tertinggi yang pernah dihasilkan dalam eksperimen.

Sumber Artikel: LHC researchers ‘set to create a mini-Big Bang’ (bbc.co.uk)

Gun HS
There's only one thing I figured about myself: Complex
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.