Diposting Jumat, 29 Oktober 2010 jam 1:24 am oleh Gun HS

Penemuan Nenek Moyang Dinosaurus Sauropoda

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Jumat, 29 Oktober 2010 -


Di Cina, para ilmuwan telah menemukan kerangka lengkap pertama dari nenek moyang penting hewan darat terbesar di bumi – dinosaurus sauropod. Spesies baru ini, sementara dijuluki Yizhousaurus sunae, tinggal di dataran banjir di sekitar Lufeng di Propinsi Yunnan Cina Selatan, berasal dari masa sekitar 200 juta tahun yang lalu. Spesies ini membantu menjelaskan bagaimana ikonik dinosaurus sauropod berleher panjang dan berkaki empat tersebut berevolusi.

Berbeda dengan sauropod raksasa setinggi 120-kaki dan seberat 100-ton, Yizhousaurus hanya setinggi 30 meter, tapi ia menunjukkan semua keunggulan dari sauropoda: postur berleher panjang, kerangka kuat dan berkaki empat. Ia juga dilengkapi dengan tengkorak fosil utuh – yang sangat langka dan penting untuk memahami tempatnya dalam evolusi sauropoda.

“Sauropoda memiliki tulang-tulang yang besar namun tengkoraknya berkonstruksi sangat ringan dan juga sangat kecil,” kata paleontolog Sankar Chatterjee dari Universitas Texas Tech. Chatterjee akan mempresentasikan penemuannya tersebut pada pertemuan tahunan Geological Society of America di Denver, 31 Oktober.

Tengkorak Yizhousaurus tergolong luas, tinggi dan berkubah. Panjangnya kurang dari satu kaki dengan moncong pendek, mata soket di sisi kepala untuk memindai musuh. Ia memiliki rahang yang sangat luas dan berbentuk U, jika dipandang dari atas, akan terlihat seperti Camarasaurus, kata Chatterjee. Giginya bergerigi dan berbentuk sendok, dari rahang atas dan bawah dapat digeser melewati satu sama lain guna memotong bahan tanaman selagi makan. Gigi kokoh dan leher yang terangkat memudahkan hewan ini mencapai cabang kecil di puncak pepohonan dan kemudian mengunyah bahan tanaman.

“Setelah makanan tanaman tertelan, sebuah pabrik lambung di dalam perutnya mungkin selanjutnya menghancurkan mekanis tanaman,” jelas Chatterjee. Rupanya hewan itu juga beradaptasi dengan kehidupan memakan tanaman untuk menopang tubuh yang besar.

Selain fitur tanda fisiknya, Yizhousaurus juga mengungkapkan penemuan sebelumnya. Setengah abad lalu spesimen dinosaurus prosauropod yang spektakuler seperti Lufengosaurus ditemukan di lokasi yang sama. Ini masuk akal, karena sebagian besar ahli paleontologi berpendapat bahwa prosauropod memunculkan sauropoda, meskipun faktanya transisi sudah sangat jelas, kata Chatterjee.

“Inilah sebabnya mengapa yang satu ini (Yizhousaurus), dapat menjembatani kesenjangan tersebut,” katanya.

Sumber Artikel: eurekalert.org
Abstrak:
Paper No. 2-1: A COMPLETE SKELETON OF A BASAL SAUROPOD DINOSAUR FROM THE EARLY JURASSIC OF CHINA AND THE ORIGIN OF SAUROPODA
http://gsa.confex.com/gsa/2010AM/finalprogram/abstract_175675.htm

Gun HS
There's only one thing I figured about myself: Complex
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.