Diposting Sabtu, 16 Oktober 2010 jam 2:41 am oleh The X

Lebah dan penyerbukan

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Sabtu, 16 Oktober 2010 -


Lebah tidak kebetulan menggosok serbuk sari. Serbuk sarinya melompat ke tubuh lebah di bunga pertama dan melompat pergi darinya di bunga kedua. Apa yang menyebabkan serbuk sari melompat?

Setelah seekor lebah meninggalkan sarangnya, ia biasanya bermuatan positif selama terbang di udara. Saat lebah melayang di dekat putik sebuah bunga, yang secara listrik bermuatan netral, medan listrik karena keberadaan lebah menghasilkan muatan induksi di sebagian serbuk sari bunga tersebut. Aslinya serbuk sari ini netral namun medan listrik lebah menyebarkan muatan serbuk: sebagian elektronnya berpindah ke sisi yang menghadap sang lebah, berusaha sedekat mungkin dengan lebah yang bermuatan positif. Gerakan ini membuat bagian jauh serbuk sari bermuatan positif. Serbuk sari ini masih netral, namun sekarang muatan negatif ada di sisi dekat lebah dan muatan positif di sisi jauhnya.

Sisi negatif tertarik menuju ke sang lebah; sisi positif di dorong oleh sang lebah. Karena sisi negatif lebih dekat ke lebah, gaya tarik menang dan serbuk sari melompat melewati udara dan mendarat di tubuh lebah. Tepatnya ia mendarat di bulu sang lebah. Bila ia menyentuh tubuh lebah yang bermuatan, ia akan kehilangan elektronnya. Lalu serbuk sari menjadi bermuatan positif, sehingga ia akan ditolak lepas dari lebah, dan tidak akan pernah menempuh perjalanan ke bunga selanjutnya.

Pengiriman serbuk ke bunga selanjutnya terjadi saat lebah berada di dekat putik bunga, yang terhubung secara listrik ke tanah. Medan listrik sang lebah menarik elektron di putik sedekat mungkin dengan lebah, membuat bagian atas putik bermuatan positif. Serbuk sari di tubuh sang lebah masih tertarik menuju muatan yang tersebar di tubuh lebah, namun kini ia lebih kuat ditarik oleh muatan terkonsentrasi di puncak putik. Karenanya, sang serbuk melompat dari lebah ke putih, dan menyerbuki sang bunga.

Referensi

Flying Circus of Physics.

The X
Sains adalah sebuah pengetahuan universal, ilmu pengetahuan tidaklah sama dengan pengetahuan dongeng. Kadang, fakta lebih menyakitkan daripada doktrin / pandangan turun temurun.
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.