Diposting Jumat, 15 Oktober 2010 jam 8:24 am oleh Gun HS

Penemuan Menempatkan Bintang Berputar sebagai Magnet Terkuat di Alam Semesta

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Jumat, 15 Oktober 2010 -


Bintang-bintang aneh yang berputar cepat, disebut sebagai magnetar, mendapatkan nama berdasarkan fakta bahwa mereka merupakan magnet alam semesta yang paling kuat dan melepaskan sejumlah besar radiasi. Tapi sekarang para ilmuwan telah menemukan bahwa beberapa magnetar dapat melepaskan ledakan dahsyat tanpa perlu medan magnet raksasa seperti yang diduga sebelumnya.

Magnetar merupakan jenis bintang neutron berputar (atau pulsar) – sebuah bintang yang tersisa setelah supernova, ketika ledakan bintang menghancurkan proton bersamaan dengan elektron menjadi neutron. Magnetik mereka seribu kali lebih besar dari sebuah bintang neutron biasa dan 10 triliun kali lebih besar daripada sebuah magnet kulkas.

Bintang neutron adalah objek yang terpadat. Meskipun biasanya hanya berdiameter sekitar 12 mil (20 km), mereka seringkali memiliki massa sebesar 1,5 hingga 3 kali massa matahari. Sepotong bintang neutron yang hanya seukuran kubus gula, beratnya bisa mencapai sekitar 100 juta ton, atau kira-kira seberat gunung.

Sekarang para peneliti telah menemukan bintang neutron magnetik yang dapat menulis ulang buku tentang magnetar – SGR 0418 5729, berjarak sekitar 7.000 tahun cahaya dari bumi.

Mengukur bintang magnetik

Astrofisikawan Nanda Rea dari Institut Space Sciences di Barcelona, Spanyol, bersama rekan-rekannya mengukur seberapa cepat SGR 0418+5729 berputar, dengan mengunakan dari empat observatorium ruang angkasa sinar-X yang berbeda.

Bidang bintang neutron yang lebih kuat magnetnya, semakin cenderung memperlambat kecepatan putaran bintang. Dengan demikian, mengukur perlambatan ini memungkinkan peneliti untuk memperkirakan intensitas bidang magnetik permukaan bintang neutron.

Magnetar yang khas memiliki medan magnet yang kekuatannya bisa mencapai satu juta miliar gauss – cukup kuat untuk membelah atom. Saat ini, hanya ada 16 atau lebih magnetar yang baru diketahui.

Namun para peneliti mengatakan bahwa magnetar yang mereka selidiki tampaknya memiliki medan magnet yang kira-kira sekecil yang biasanya terdapat pada bintang-bintang neutron biasa.

Ini menunjukkan, banyak bintang neutron biasa “mungkin mulai bersikap sebagai magnetar kapan saja, tanpa mempedulikan medan magnetik mereka yang rendah,” kata Rea.

Kekuatan tersembunyi magnetar?

Magnetar diyakini termasuk bintang yang dikenal sebagai ‘pengulang gama lembut’ (seperti SGR 0418+5729) dan pulsar X-ray anomali, yang dikenal karena ledakan sinar gamma dan sinar-X-nya yang dapat berlangsung dari hari ke tahun. Para ilmuwan telah menduga bahwa medan magnet dahsyat magnetar merupakan kekuatan pendorong di balik ledakan yang luar biasa itu.

Para peneliti berpendapat, sumber kekuatan magnetar mereka mungkin disembunyikan jauh di dalam permukaannya. Meskipun permukaan medan magnetnya mungkin tidak sekuat yang biasanya terlihat pada magnetar, namun masih bisa memiliki medan magnet internal yang besar.

“Ini adalah pertama kalinya mereka diobservasi dan penemuan ini mengajukan pertanyaan di mana mekanisme powering-nya dalam kasus ini,” kata rekan penulis studi, Silvia Zane, dari Universitas College London, dalam sebuah pernyataan. “Pada poin ini, kami juga tertarik pada seberapa banyak bintang-bintang neutron bermedan rendah lainnya yang memenuhi galaksi, dalam beberapa poin bisa terbangun dan menampakkan dirinya sebagai sumber pembakaran.”

SGR 0418+5729 berusia 24 juta tahun, cukup lebih tua dari ‘pengulang gamma lembut’ dan pulsar X-ray anomali lainnya.

“Kami mungkin akan melihat jumlah populasi tua magnetar yang menghilang dalam semburan potongan terakhirnya dari energi magnetik internalnya,” kata Rea.

Penelitian ini secara rinci diuraikan pada jurnal Science edisi 15 Oktober.

Sumber: space.com

Gun HS
There's only one thing I figured about myself: Complex
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.