Diposting Kamis, 14 Oktober 2010 jam 3:04 am oleh The X

Matahari tenggelam dan gunung berapi

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Kamis, 14 Oktober 2010 -


Lukisan Edvard Munch, The Scream, yang menunjukkan seseorang yang berteriak putus asa berlatar langit yang bergaris merah. Munch melihat warna matahari tenggelam yang mencolok di rumahnya di Norwegia segera setelah letusan gunung Krakatau di Selat Sunda tahun 1883. Letusan tersebut menyemburkan abu ke atmosfer atas, dan abu menyebar ke penjuru dunia. Saat abu mencapai lintang tinggi di Norwegia, Munch menemukan matahari terbenam yang mengerikan dan mencemaskan.

Abu dan partikel lainnya terlontar naik oleh letusan gunung berapi membentuk sebuah lapisan pada ketinggian sekitar 20 kilometer. Sebagian bahan ini adalah belerang dioksida, yang bereaksi dengan ozon pada ketinggian tersebut, membentuk sulfat yang kemudian mengembun membentuk aerosol.

­Lapisan abu dan erosol ini melengkung mengelilingi Bumi. Warna yang anda lihat di langit mengelilingi sunset adalah kombinasi sinar matahari yang dihamburkan lapisan tersebut dan dari molekul udara di bawah dan di atasnya. Cahaya yang mencapaimu dari bawah lapisan cenderung merah karena ia melewati bagian padat atmosfer, sehingga kehilangan sebagian birunya oleh penghamburan molekul udara di sepanjang jalan. Cahaya yang mencapai kamu dari lapisan ini juga lewat redah melalui atmosfer, namun ia juga kehilangan sebagian  warna merahnya karena penyerapan ozon. Cahaya yang mencapaimu dari bagian atas lapisan melewati udara yang lebih tipis dan kehilangan sedikit saja warna birunya. Saat kamu melihat di langit sekitar matahari tenggelam, kamu dapat memotong cahaya dengan berbagai warna mengesankan yang beraneka ragam di langit dari malam ke malam. Karena aerosol dan abu vulkanis dapat tinggal berbulan-bulan, begitu juga matahari terbenamnya yang indah.

Bila awan yang jauh di bawah cakrawala barat menutupi sebagian cahaya yang mencapai bagian bawah lapisan, kamu akan melihat variasi horisontal warna yang dapat menghasilkan sunset dengan persebaran warna yang sangat berbeda di sisi kira dan kanan matahari.

Referensi

Flying Circus of Physics

The X
Sains adalah sebuah pengetahuan universal, ilmu pengetahuan tidaklah sama dengan pengetahuan dongeng. Kadang, fakta lebih menyakitkan daripada doktrin / pandangan turun temurun.
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.