Diposting Kamis, 14 Oktober 2010 jam 1:54 am oleh The X

Bahaya menyemprotkan air

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Kamis, 14 Oktober 2010 -


Apa yang menyebabkan medan listrik kuat berada di dekat air terjun? Di masa lalu, kapal tanker berisi minyak mentah dibersihkan dengan menyiramkan air kedalamnya dalam tekanan. Kenapa tindakan ini bisa menyebabkan tangki meledak? Untuk mencegah ledakan, jumlah oksigen dalam tangki dikurangi dengan memompa gas inert kedalam tangki. Kenapa tangkinya masih tetap meledak?

Saat air menghantam permukaan padat dan menghasilkan percikan, seperti yang ada di lantai kamar mandi, tetesan air menjadi bermuatan: tetesan besar biasanya bermuatan positif (kehilangan elektron), dan tetesan kecil biasanya bermuatan negatif (kehilangan elektron). Karena tetesan besar jatuh di udara lebih cepat, maka tetesan kecil bermuatan negatif tertinggal mengambang di udara.

Bila ventilasinya rendah, jumlah tetesan air di udara yang bermuatan dapat meningkat dramatis, dan menghasilkan medan listrik yang besar, namun situasi ini tidak berbahaya di dalam kamar mandi atau di dekat air terjun.

Saat membersihkan tanker minyak, tetesan air menjadi bermuatan saat mereka meninggalkan selang sebagai semprotan dan saat mereka menabrak lantai atau dinding tangki, mengisi tangki dengan kabut air bermuatan. Percikan kemudian dapat melompat di antara partikel bermuatan ini dan bisa juga dari konduktor besar, nozzle selang atau titik pentanahan. Bila tangki masih mengandung uap dari kargo minyak mentah, percikan ini dapat membakar uap, dan membuatnya meledak.

­salah satu solusinya adalah memompakan as mulia kedalam tangki sebelum pembersihan, sehingga pasokan oksigen menjadi terlalu rendah untuk meledak. Namun, prosedur ini awalnya tidak berguna, karena generator yang memasok gas menyebabkan perpisahan muatan dalam gas tersebut (gasnya sendiri yang bermuatan).

Barulah setelah masalah ini ditemukan dan diperbaiki, tangki-tangki tidak lagi meledak saat dibersihkan.

referensi

FlyingCircusofPhysics.com

The X
Sains adalah sebuah pengetahuan universal, ilmu pengetahuan tidaklah sama dengan pengetahuan dongeng. Kadang, fakta lebih menyakitkan daripada doktrin / pandangan turun temurun.
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.