Diposting Kamis, 14 Oktober 2010 jam 2:11 am oleh The X

Bahaya bubuk yang beterbangan di udara

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Kamis, 14 Oktober 2010 -


Bila bergerombol, partikel bubuk tidak dapat terbakar, namun bila mereka beterbangan, tiap partikel di kelilingi oleh udara dan karenanya ada pasokan udara yang berlimpang yang memungkinkannya terbakar dengan cepat. Faktanya, sekali satu bubuk terbakar, energi panas dapat ditransfer ke debu lainnya sehingga debu tersebut meledak. Banyak energi dilepaskan secara tak terkendali, dengan peningkatan suhu dan tekanan cepat. Dalam silo, ledakan ini dapat menghancurkan strukturnya; dalam tambang batu bara, ia dapat membunuh para penambang. Walaupun sekarang mereka sudah sangat hati-hati, ledakan masih sering terjadi.

Dalam beberapa situasi, percikan dari listrik dapat memicu ledakan bila energinya cukup. Percikan ini dapat disebabkan kerusakan alat listrik, namun lebih mungkin lagi karena dua benda bermuatan saling melepas muatannya, atau  ke sebuah benda bermuatan ke tanah di sebuah titik pentanahan.

Sebagai contoh, tahun 1970an, sebuah ledakan terjadi di pabrik bubuk coklat saat ia tertiup melalui pipa plastik menuju silo. Saat bubuk terkocok dari kantong ke dalam sistem pipa, dan saat mereka saling bergesekan satu sama lain dan juga dengan dinding pipa saat bergerak menembus sistem pipa, butiran bubuk ini menjadi bermuatan. Saat mereka ditembakkan dari pipa terakhir ke silo, sebuah percikan terjadi antara bubuk dan titik pentanahan di dalam silo. Percikan ini mungkin diawali dengan butiran bubuk yang ada di udara saat ia jatuh ke tumpukan yang telah terbentuk di dalam silo. Kemungkinan lain adalah ia berawal di ujung kerucut yang terbentuk di gundukan, saat butiran bubuk menggeser atau menggelinding turun ke bagian miring gundukan (medan listrik paling kuat di dekat ujung tersebut, jadi percikan, dimana sebuah medan listrik kuat mengionisasi molekul udara, dapat terjadi di sini.)

­Sebenarnya, percikan ini mungkin terjadi berulang kali di dalam silo tanpa cukup energi untuk membakar tepung. Ledakan terjadi ketika secara kebetulan, energi percikan (atau mungkin kombinasi beberapa percikan yang terjadi serentak) berada di atas nilai minimum untuk memicu ledakan.

Para insinyur tidak dapat menghilangkan muatan statis dan percikan dalam industri bubuk. Mereka hanya mampu mempertahankan energi percikan selalu berada di bawah nilai minimum tersebut.

Referensi

Flying Circus of Physics

The X
Sains adalah sebuah pengetahuan universal, ilmu pengetahuan tidaklah sama dengan pengetahuan dongeng. Kadang, fakta lebih menyakitkan daripada doktrin / pandangan turun temurun.
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.