Diposting Rabu, 6 Oktober 2010 jam 8:42 pm oleh Gun HS

Bukti Tertua Dinosaurus Ditemukan pada Jejak Kaki Kecil

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Rabu, 6 Oktober 2010 -


Fosil jejak – dideskripsikan minggu ini dalam Proceedings of the Royal Society B. Hanya satu atau dua juta tahun setelah kepunahan Permian-Trias besar, hewan yang lebih kecil dari kucing rumah berjalan melintasi lumpur di tempat yang sekarang adalah Polandia. Jejak fosil ini menempatkan kerabat yang sangat terdekat dari dinosaurus di Bumi sekitar 250 juta tahun yang lalu – 5 sampai 9 juta tahun lebih awal dari sebelumnya mendeskripsikan bahan fosil kerangka telah terindikasi. Makalah ini juga menggambarkan jejak Sphingopus berusia 246 juta tahun, bukti tertua dari dinosaurus berkaki dua dan berbadan besar.

“Kami melihat sepupu terdekat dinosaurus segera setelah kepunahan massal terburuk,” kata Stephen Brusatte, seorang mahasiswa pascasarjana berafiliasi dengan Divisi Paleontologi di Museum Sejarah Alam Amerika. “Krisis terbesar dalam sejarah kehidupan juga menciptakan salah satu peluang terbesar dalam sejarah hidup dengan mengosongkan dataran dan memungkinkan bagi dinosaurus berkembang.”

Jejak Sphingopus isp. berusia 246 juta tahun dari awal Anisian Baranów, Polandia, berhubungan dengan jejak mirip-dinosaurus yang bahkan lebih mengarah pada gaya berjalan hewan berkaki dua. Jejak-jejak ini adalah catatan tertua sebuah anggota bertubuh yang besar (panjang jejak 15 cm) dan berkaki dua dari garis keturunan dinosaurus. (Kredit: Grzegorz Niedzwiedzki)

Makalah baru ini menganalisis tiga set jejak kaki dari tiga lokasi berbeda di Pegunungan Holy Cross di pusat Polandia. Situs ini, yang semuanya adalah tambang beradius 25 mil satu sama lain, merupakan jendela dari tiga ekosistem karena mereka mewakili periode waktu yang berbeda. Jejak Stryczowice adalah yang tertua berusia 250 juta tahun. Jejak Baranów adalah yang paling terakhir berusia 246 juta tahun sementara jejak Wióry terjepit dalam waktu di antara yang lainnya.

Jejak Prorotodactylus isp. berusia 250 juta tahun dari awal Olenekian Stryczowice, Polandia, menunjukkan penurunan digit I dan V serta paralel tiga digit tengah, ciri-ciri garis keturunan dinosaurus. Gaya berjalan dari hewan berkaki empat. Ini adalah fosil tertua dari garis keturunan dinosaurus. (Kredit: Grzegorz Niedzwiedzki)

Karena cetakan kaki hanya merupakan jejak sebagian kecil kerangka, identifikasi trackmaker seringkali rumit. Untungnya, dinosaurus memiliki gaya berjalan yang sangat khas, terutama bila dibandingkan dengan kerabat diapsid mereka (kelompok evolusioner yang termasuk burung, reptil, dan garis keturunannya yang punah) seperti buaya dan kadal. Sementara kadal dan buaya memiliki gaya berjalan yang merayap, dinosaurus menempatkan dua kaki mereka lebih berdekatan. Jejak kaki di tiga tempat Polandia menunjukkan fitur ini sama baiknya dengan fitur mirip-dinosaurus yang tak terbantahkan, termasuk tiga jari yang bagian tengahnya menonjol dan mengurangi bagian luar dua jari kaki, kesejajaran paralel tiga digit, dan ujung belakang jejak kaki yang lurus, tambahan bukti dari pergelangan kaki mirip-dinosaurus yang berengsel sederhana.

Karena semua fitur tersebut terlihat pada jejak kaki di lokasi tertua, Brusatte dan rekan-rekannya menyimpulkan bahwa cetakan Stryczowice – yang hanya beberapa sentimeter panjangnya – adalah bukti tertua dari garis keturunan dinosaurus.

Dinosaurus ini, meskipun, dianggap “induk dinosaurus”, atau kerabat langsung dinosaurus, bukan bagian dari spasies yang kurang lebih berasal dari clade yang secara teknis mendefinisikan dinosaurus. Juga, hewan ini tidak berjalan di keempat anggota badan, postur abnormal untuk dinosaurus awal dan kerabat dekat mereka, meskipun tampak bahwa anggota tubuh bagian depan sudah dikurangi untuk proporsi mirip-dinosaurus karena jejak kaki melangkahi jejak tangan.

Jejak kaki Baranów dan Wióry menunjukkan perubahan awal dalam sejarah evolusi dinosaurus. Wióry pada 248 juta tahun yang lalu menunjukkan sedikit keragaman dalam jenis jejak, tetapi semua jejak tetap berkaki empat. Jejak kaki Baranów pada 246 juta tahun yang lalu, bagaimanapun juga, mungkin merupakan bukti paling awal dinosaurus bertubuh cukup besar dan berkaki dua yang sesungguhnya. Jejak ini, yang disebut Sphingopus, memiliki panjang 15 cm.

“Polandia merupakan frontier baru untuk memahami evolusi awal dinosaurus,” kata Grzegorz Nied?wiedzki dari Universitas Warsawa dan Akademi Ilmu Pengetahuan Polandia, yang memimpin proyek tersebut dan telah melakukan penggalian jejak kaki dari tiga tempat selama hampir satu dekade. “Dulu sebagian besar fosil penting berasal dari Argentina atau Amerika Serikat barat daya, tetapi di Polandia, kami memiliki beberapa situs yang menghasilkan jejak kaki dan tulang dinosaurus tertua dan sepupu terdekat mereka, menjangkau keseluruhan Periode Trias.”

Akhirnya, walaupun kelompok dinosaurus muncul segera setelah kepunahan Permian, jejak mirip-dinosaurus jarang dalam kumpulan jejak, hanya mewakili 2 persen cetakan yang ditemukan dibandingkan dengan 40 persen archosaurs mirip buaya. Dinosaurus lebih berlimpah puluhan juta tahun kemudian.

“Selama 20 juta tahun pertama sejarah dinosaurus, dinosaurus dan kerabat terdekat mereka tinggal dalam bayangan sepupu mirip-buaya mereka yang jauh lebih beragam, sukses, dan berlimpah ,” kata Brusatte. “Dinosaurus tertua adalah kecil dan langka.”

Sumber: physorg.com

Gun HS
There's only one thing I figured about myself: Complex
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.