Diposting Selasa, 5 Oktober 2010 jam 12:49 am oleh Gun HS

Rahasia Hidup Hiu Smooth-Hound Irlandia

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Selasa, 5 Oktober 2010 -


Mereka tumbuh lebih dari satu meter panjangnya, beratnya bisa mencapai dua belas kilo dan setiap musim panas mereka menyerbu perairan dangkal pantai timur Irlandia. Meskipun demikian, starry smooth-hound tetap menjadi spesies hiu terkenal Irlandia. Berkat para peneliti di Universitas College Dublin, yang karyanya sekarang diterbitkan dalam Journal of Fish Biology, hal ini mungkin akan berubah.

Dr Edward Farrell, yang baru saja lulus dari Sekolah UCD Biology & Environmental Science, menghabiskan empat tahun terakhir mempelajari hiu tidak biasa ini. Di bawah pengawasan Dr Stefano Mariani dari SBES dan Dr Maurice Clarke dari Institut Kelautan, proyek PhD berhasil menyelidiki usia, pertumbuhan, reproduksi dan identifikasi spesies di Timur Laut Atlantik tersebut.

“Sungguh menakjubkan betapa sedikit yang diketahui tentang spesies ini mengingat ukuran dan kelimpahannya di pantai timur,” kata Farrell. “Sampai saat ini kami bahkan tidak yakin dengan spesies yang kami hadapi ini tetapi kami mengembangkan sebuah metode genetik yang memungkinkan kami mengkonfirmasi bahwa itu adalah starry smooth-hound yang berada di perairan Irlandia dan bukan smooth-hound biasa yang terkait. Setelah ini ditetapkan, kami dapat menyelidiki sejarah hidup mereka.”

Starry smooth-hound ini sebelumnya dianggap spesies cepat tumbuh dan dewasa lebih awal, artinya mereka tidak ada masalah dalam hal konservasi. Bagaimanapun juga, hasil dari proyek empat tahun tersebut telah mengungkapkan bahwa starry smooth-hound di perairan Irlandia benar-benar tumbuh dua kali lebih lambat seperti perkiraan sebelumnya dan hanya bereproduksi setiap dua tahun dan bukan setiap tahun seperti kasus di Mediterania.

Hiu starry smooth-hound yang muncul di Wexford. (Kredit: Farrell Edward)

“Beberapa temuan cukup mengkhawatirkan bagi spesies jantan tidak dewasa sampai mereka berusia 4-5 tahun dan betina sampai berumur 6 tahun, kata Farrell.” Betina juga muncul mendekati dua tahun untuk menyelesaikan siklus reproduksi. Bayi starry smooth-hound bertumbuh di dalam sang betina selama kurang lebih 12 bulan sebelum lahir, dan setelah itu sang betina memiliki masa istirahat sekitar satu tahun sebelum ia mampu menjadi hamil lagi.”

Dengan tingkat reproduksi yang lambat, penangkapan ikan komersial yang tidak diregulasi bisa memiliki dampak serius pada spesies ini dalam waktu singkat, seperti yang terlihat di perikanan spurdog pada 1980-an. Spurdogs dulu spesies hiu yang paling melimpah di Timur Laut Atlantik, di mana kemudian tersapu bersih akibat perikanan komersial dan kini terdaftar sebagai terancam punah di Redlist IUCN.

Starry smooth-hound bukan jenis yang bernilai komersial di Irlandia, namun di benua Eropa mereka sangat dicari dan penangkapannya dari kapal-kapal Perancis, saat ini sekitar 2.640 ton per tahun, semakin meningkat. Kurangnya pengetahuan sebelumnya tentang riwayat hidup dasar mereka di Atlantik Timur Laut telah menghambat pengembangan strategi pengelolaan dan konservasinya.

Selama berlimpahnya ikan di Laut Mediterania dan perairan Eropa Selatan, tahun-tahun penangkapan ikan telah menyebabkan hilangnya mereka di sebagian besar jangkauan wilayah mereka sebelumnya. Meskipun demikian, di perairan Irlandia, starry smooth-hound tampaknya akan meningkat secara melimpah. Alasan untuk hal ini tidak jelas tetapi menawarkan kesempatan unik untuk membantu melestarikan spesies yang penuh teka-teki ini.

Temuan dari proyek ini menunjukkan bahwa starry smooth-hound lebih rentan terhadap eksploitasi dibandingkan pemikiran sebelumnya, dan tindakan pengelolaan dibutuhkan sekarang juga untuk menjamin konservasi mereka.

“Saat ini tidak ada tindakan manajemen untuk spesies ini di perairan Eropa terutama karena kurangnya informasi biologis,” kata Farrell. “Jadi tujuan utama kami adalah mengumpulkan data yang diperlukan. Semoga ini dapat digunakan sekarang untuk menjamin keberlanjutan mereka dan mencegah terulangnya dari eksploitasi berlebihan yang terlihat di perairan Mediterania.”

Stefano Mariani percaya, sangat penting melindungi hiu ini di perairan Irlandia. “Starry smooth-hound memiliki pola makan yang sangat khusus: mereka tidak makan ikan, mereka memakan kerang di bawah laut dan, mengunyah kepiting dengan gigi berbentuk molar yang sangat aneh. Hewan ini cenderung memiliki peran yang sangat penting dalam jaringan tropik.”

Hiu starry smooth-hound juga sangat dicari dan dihormati oleh para pemancing ikan, dan mereka pasti memberikan kegairahan tambahan bagi pantai kita.

“Dublin Bay menawarkan para wisatawan kesempatan untuk mudah mengamati dua spesies anjing laut,” kata Mariani. “Kita harus bangga bahwa pantai kita juga menyediakan pemandangan dengan peluang bisa berenang bersama hiu indah dan tidak berbahaya ini. Tidak ada banyak tempat lain seperti ini di Eropa.”

Sumber: physorg.com

Gun HS
There's only one thing I figured about myself: Complex
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.