Diposting Sabtu, 2 Oktober 2010 jam 2:00 am oleh The X

Robot Pembantu Rumah Tangga

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Sabtu, 2 Oktober 2010 -


Perusahaan Willow Garage dari Silicon Valley telah memasarkan robot PR2 buatan mereka. Robot ini memiliki dua tangan pemegang, scanner laser dan banyak sekali kamera untuk melipat pakaian, menyajikan minuman, membersihkan meja,  hingga bermain bilyard. Bila baterainya kritis, ia secara otomatis mencari sendiri stop kontak dan mengisi kembali baterainya.

Walau begitu, Keenan Wyrobeck dari Willow Garage mengakui kalau kemampuan ini “tidak sesuai harganya”. Bayangkan, berapa banyak pembantu manusia yang lebih gesit yang bisa dibayar dengan uang 3.6 miliar rupiah? Jadi menurut Willow Garage sendiri, pelanggan yang paling mungkin adalah laboratorium penelitian perusahaan atau universitas, terutama untuk tugas-tugas percobaan yang membutuhkan ketelitian tingkat tinggi yang sulit dicapai oleh manusia (ilmuan) sekalipun.

PR2 menyajikan minuman

Tomas Lozano-Perez dari MIT melakukan beta test pada PR2 di awal tahun ini dan menurutnya “Akan banyak tim penelitian berharap punya satu. Sayangnya pendanaan untuk peningkatan kinerja robot ini sulit diperoleh.”

Solusinya adalah menjadikan software sang robot sebagai open source. Kelompok Stefan Schaal dari Universitas California Selatan, Los Angeles, juga memiliki sebuah PR2. Menurutnya software bebasnya akan mempercepat kemajuan penelitian robotik. Setiap kelompok baru dapat langsung membuat robot seperti PR2 berdasarkan pengetahuan yang tersedia pada repositori software bebas ini.

PR2 memiliki saingan di pasar akademis. Pabrik robot industri Jerman, KUKA, berencana memasarkan robot manipulasi bergeraknya sendiri, bernama YouBot.

PR2 mengangkat tangan kirinya

Video

  1. Demonstrasi PR2 melipat handuk : (50X) Autonomously folding a pile of 5 previously-unseen towels
  2. Penjelasan sistem logika robot PR2: PR2 Robot Cleans Up with a Cart
  3. Penjelasan sistem mekanik robot PR2 : Up Close With The Willow Garage PR2 Robot
  4. Open source PR2 : ROS Platform

Referensi

Beer-fetching bot now on sale. New Scientist. 18 september 2010, p.19

The X
Sains adalah sebuah pengetahuan universal, ilmu pengetahuan tidaklah sama dengan pengetahuan dongeng. Kadang, fakta lebih menyakitkan daripada doktrin / pandangan turun temurun.
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.