Diposting Rabu, 29 September 2010 jam 5:22 am oleh Gun HS

Survei Pengetahuan Agama di Amerika: NonBeliever Peringkat Teratas

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Rabu, 29 September 2010 -


Sebagian besar warga Amerika dikenal dengan semua tindakan yang bersifat sangat religius, tetapi mereka juga sangat ignorant tentang agama.

Para peneliti dari Forum Pew independen tentang Agama dan Kehidupan Publik menelepon lebih dari 3.400 orang Amerika dan mengajukan 32 pertanyaan tentang Alkitab, Kekristenan dan agama-agama dunia lainnya, tokoh agama terkenal dan prinsip-prinsip konstitusional yang mengatur agama dalam kehidupan publik.

Rata-rata, orang yang tersurvei menjawab pertanyaan dengan salah, dan banyak yang gagal bahkan dengan pertanyaan mengenai iman mereka sendiri.

Mereka yang mencetak angka tertinggi justru adalah ateis dan agnostik, serta dua minoritas agama: Yahudi dan Mormon. Hasilnya sama bahkan setelah para peneliti mengontrol faktor-faktor lainnya seperti perbedaan usia dan ras.

“Bahkan setelah semua faktor-faktor lain, termasuk jenjang pendidikan, diperhitungkan, ateis dan agnostik, Yahudi dan Mormon tetap mengungguli semua kelompok agama lain dalam survei kami,” kata Greg Smith, seorang peneliti senior di Pew.

Temuan itu mungkin mengejutkan, tapi tidak bagi Dave Silverman, presiden American Atheists, sebuah kelompok advokasi bagi nonbeliever yang didirikan oleh Madalyn Murray O’Hair.

“Saya telah mendengar berkali-kali bahwa ateis tahu lebih banyak tentang agama daripada orang-orang beragama,” kata Mr Silverman. “Ateisme adalah efek dari pengetahuan, bukan kurangnya pengetahuan. Saya memberikan Alkitab untuk anak saya. Itulah cara Anda membuat ateis.”

Hasil survei tentang pengetahuan dasar agama yang melibatkan 3.400 warga Amrika.

Di antara topik yang dibahas dalam survei ini adalah: Di mana Yesus lahir? Apa itu Ramadhan? Tulisan siapa menginspirasi Reformasi Protestan? Yang mana tokoh Bibel yang memimpin eksodus dari Mesir? Dalai Lama beragama apa ? Joseph Smith? Ibu Teresa? Dalam kebanyakan kasus, formatnya adalah pilihan ganda.

Para peneliti mengatakan bahwa kuesioner dirancang untuk mewakili luasnya pengetahuan tentang agama, tapi tidak dimaksudkan untuk dianggap sebagai daftar fakta-fakta yang paling penting tentang subjek ini. Sebagian besar merupakan pertanyaan yang mudah, tetapi beberapa di antaranya cukup sulit untuk membedakan mana responden yang berpengetahuan sangat luas.

Pada pertanyaan tentang Alkitab dan Kristen, kelompok yang menjawab paling benar adalah Mormon dan Protestan.

Pada pertanyaan tentang agama-agama dunia, seperti Islam, Buddha, Hindu dan Yahudi, kelompok yang mendapat nilai terbaik adalah ateis, agnostik dan Yahudi.

Salah satu temuan yang mungkin menarik perhatian bagi para pembuat kebijakan adalah bahwa kebanyakan orang Amerika salah paham bahwa apapun yang berkaitan dengan agama adalah dilarang di sekolah umum.

Yang luar biasa, 89 persen responden menjawab “tidak” saat ditanya apakah guru-guru sekolah umum diizinkan untuk memimpin kelas dalam doa.

Tetapi lebih sedikit dari satu per empat yang tahu bahwa seorang guru sekolah umum diijinkan “untuk membaca dari Alkitab sebagai contoh sastra”. Dan hanya sekitar sepertiga yang tahu bahwa seorang guru sekolah umum diizinkan untuk menawarkan kelas membandingkan agama-agama dunia.

Penulis survei menyimpulkan bahwa ada “kebingungan meluas” tentang “batas antara mengajar dan memberitakan.”

Mr Smith mengatakan survei ini tampil sebagai upaya komprehensif pertama pada penilaian pengetahuan agama dasar orang Amerika, sehingga mustahil untuk mengatakan apakah mereka lebih atau kurang informasi dibandingkan di masa lalu.

Wawancara telepon dilakukan dalam bahasa Inggris dan Spanyol pada bulan Mei dan Juni. Tidak ada cukup responden Muslim, Buddha atau Hindu untuk ditentukan peringkatnya.

Anggota Rohaniwan yang prihatin bahwa jemaat mereka tahu sedikit tentang esensi iman mereka sendiri tak diragukan lagi akan terkejut oleh beberapa temuan sebagai berikut:

Pertanyaan tentang Maimonides adalah salah satu pertanyaan yang paling sedikit yang bisa dijawab dengan benar. Tapi 51 persen tahu bahwa Joseph Smith adalah seorang Mormon, dan 82 persen tahu bahwa Ibu Teresa adalah seorang Katolik Roma.

Sumber: nytimes.com

Gun HS
There's only one thing I figured about myself: Complex
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.