Diposting Rabu, 29 September 2010 jam 6:35 am oleh Gun HS

Struktur Protein ke-1000 Dirilis oleh Konsorsium Genomik Struktural

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Rabu, 29 September 2010 -


Konsorsium Genomik Struktural (SGC), sebuah kemitraan publik-swasta internasional yang bertujuan menentukan struktur tiga dimensi protein penting, mengumumkan dirilisnya struktur protein ke-1000 beresolusi tinggi ke domain publik.

Struktur ke-1000 – dikenal sebagai JmjD2C – termasuk dalam kelas protein yang terlibat dalam signaling epigenetik, sebuah area penelitian kunci untuk SGC. Epigenetika adalah studi tentang perubahan warisan dalam ekspresi gen yang disebabkan oleh protein seperti JmjD2C yang ‘menentukan’ gen aktif atau nonaktif. Hal ini diyakini bahwa pemahaman yang lebih baik pada Epigenetika bisa mengarah pada pengobatan baru untuk berbagai penyakit termasuk kanker, diabetes, obesitas dan banyak penyakit kejiwaan.

“JmjD2C sudah dikenal memainkan peran kunci dalam pemeliharaan pembaharuan diri dalam sel induk serta peran-perannya dalam kanker,” kata Profesor Udo Oppermann dari SGC Oxford, yang memimpin tim dalam memecahkan struktur ke-1000. “Sekarang struktur 3D-nya berada dalam domain publik, kami berharap ini akan mendorong para ilmuwan lain untuk menyelidiki fungsinya lebih dalam dan memahami lebih jelas peranannya dalam Epigenetika.”

“Tonggak ini menguatkan keuntungan dari kemitraan inovasi-terbuka antara sektor publik dan swasta,” kata Dr Aled Edwards, Direktur SGC. “Kami sangat bangga dengan prestasi dan upaya rekan kerja dan kolaborasi mereka di seluruh dunia.”

Dibentuk pada tahun 2004, SGC terdiri dari 180 ilmuwan di laboratorium Universitas Oxford dan Toronto, serta Institut Karolinska di Stockholm. Kolaborasi internasional ini didukung oleh pendanaan publik dan sektor swasta. Semua hasil penelitian ini tersedia bagi komunitas riset, bebas dari pembatasan penggunaan. Pada tahun 2009, SGC menyumbangkan hampir sepertiga dari semua struktur protein baru manusia yang disimpan di Bank Data Protein (PDB), dan juga pecahan struktur protein yang sama dari protozoa patogen.

Sejumlah besar informasi yang dihasilkan oleh SGC memberikan wawasan tentang fungsi molekul dan diharapkan memiliki dampak yang besar bagi kesehatan manusia dengan menyediakan kerangka kerja struktural untuk desain kimia rasional atau mengembangkan obat baru yang dapat menghambat atau meningkatkan fungsi protein.

“SGC menyediakan sumber daya yang sangat berharga bagi seluruh komunitas riset biomedis,” kata Profesor Ray Stevens, Departemen Biologi Molekuler dan Kimia di Scripps Research Institute di La Jolla, AS. “Ini merupakan pendekatan sistematis, menargetkan seluruh keluarga protein seperti protein kinase, begitu pula kelas-kelas taget obat potensial. Hal ini menghasilkan data yang akan sangat membantu bagi para peneliti yang bekerja untuk memahami lebih jauh peran protein ini pada fungsi biologis kunci. Saya salut pada mereka atas upaya dan prestasinya. “

Sejak diluncurkan, SGC telah mengidentifikasi struktur protein kunci yang terlibat dalam semua aspek fungsi selular dan menghubungkan mereka dengan penyakit seperti kanker, radang, diabetes, gangguan neurologis dan infeksi. Banyak struktur yang juga telah diterbitkan dalam artikel ilmiah. Sebagian besar publikasi yang ada lebih dari 250, adalah hasil dari proyek kolaborasi dengan ilmuwan lain dalam memanfaatkan informasi struktural. SGC, melibatkan lebih dari 200 yang aktif, hasil kolaborasi dengan akademisi di seluruh dunia.

Dr Alan Schafer, Direktur Science Funding at the Wellcome Trust, berkomentar: “SGC telah mencapai terobosan yang luar biasa dalam mendeposito struktur ke-seribu dalam domain publik. Keberhasilan ini menunjukkan nilai dari model kemitraan publik-swasta dalam menghindari usaha duplikasi dan memungkinkan keuntungan maksimum bagi keseluruhan komunitas riset.”

Sumber: physorg.com

Gun HS
There's only one thing I figured about myself: Complex
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.