Diposting Rabu, 29 September 2010 jam 9:34 pm oleh The X

Rhodophyta

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Rabu, 29 September 2010 -


Rhodophyta yang ada di habitat air tawar dan tanah adalah spesies dari genus Audouinella, Bangia, Batrachospermum, Chroodactylon,Hildenbrandia, Lemanea dan Porphyridium. Beberapa genus, misalnya Bangia, Bostrychia dan Hildenbrandia, memuat spesies kelautan maupun air tawar. Beberapa ganggang merah bersifat parasit pada ganggang lainnya, seperti Choreocolax dan Holmsella.

Dalam sebagian besar ganggang merah, talus berupa pita atau filamen bercabang. Namun beberapa spesies ada yang berbentuk lembaran, seperti Porphyra atau berbentuk kerak, seperti Lithophyllum, sementara sedikit seperti Porphyridium berbentuk sel tunggal. Beberapa ganggang merah dapat mengapur – misalnya Corallina spp (talus tegak dan berartikulasi) dan   Lithophyllum. Talus multisel yang umumnya sepanjang 5 – 50 cm menempel pada batuan dengan pemegang. Dinding sel dapat mengandung selulosa, xylan atau bahkan lignin. Plasmodesmata tampaknya tidak ada, tapi banyak ganggang merah multiseluler memuat koneksi kawah. Tidak ada spesies yang berflagela, dan gamet flagela juga tidak diproduksi.

Seperti kebanyakan tanaman darat, ganggang merah ini menghasilkan lignin, komponen utama kayu

Spesies kelautan biasanya berwarna kemerahan, sementara spesies air tawar biasanya hijau kebiruan, hijau kekuningan, coklat atau abu-abu. Ganggang merah mengandung klorofil a, dan sebagian juga mengandung klorofil d; tilakoid tunggal (tidak berasosiasi) dan mengandung pikobilisoma yang memuat pikoeritrin dan/atau pikosianin. Banyak karotenoid, misalnya xantofil dan beta karoten, juga ada. Produk hasil fotosintesis antara lain pati floridean dan floridosida.

Reproduksi seksual terjadi pada sebagian besar spesies (namun tidak pada Porphyridium) dan oogami umum terjadi; siklus hidup sering kali kompleks.

Ganggang merah tertentu merupakan sumber agar-agar atau carageena, sementara yang lain dipakai sebagai makanan seperti laver, nungham dan palmaria.

Semua spesies diletakkan dalam satu kelas : Rhodophyceae.

Ordonya antara lain :

1.        Bangiales (contohnya Bangia, Porphyra);

2.        Ceramiales (contohnya Bostrychia; Ceramium, Griffithsia, Polysiphonia);

3.        Compsopogonales (contohnya. Compsopogon);

4.         Cryptonemiales (contohnya Choreocholax, Corallina, Gloiopeltis, Hildenbrandia, Holmsella, Lithophyllum);

5.        Gigartinales (contohnya. Chondrococcus, Chondrus, Eucheuma, Furcellaria, Gardneriella, Gigartina,Gracilaria, Iridaea);

6.        Nemalionales (contohnya Audouinella, Batrachospermum, Gelidium, Lemanea);

7.        Palmariales (contohnya Palmaria);

8.        Porphyridiales (contohnya Chroodactylon, Cyanidium, Porphyridium);

9.        Rhodochaetales (contohnya Rhodochaete);

10.     Rhodymeniales (contohnya Coeloseira, Rhodymenia).

Leptofauchea coralligena di alam

Referensi

1.       Martone et al. Discovery of Lignin in Seaweed Reveals Convergent Evolution of Cell-Wall Architecture. Current Biology, 2009; 19 (2): 169

2.       Helmholtz Association of German Research Centres (2008, August 26). Even Seaweeds Get Sunburned. ScienceDaily.

3.       Rodriguez-Prieto et al. Leptofauchea coralligena (Faucheaceae, Rhodophyta), a new species from the Mediterranean Sea. European Journal of Phycology, 2009; 44 (1): 107

4.      Singleton, P., Sainsbury, D. Dictionary of Microbiology and Molecular Biology. 3rd Edition. 2006, Wiley.

5.       Jan-Hendrik Hehemann, Gaëlle Correc, Tristan Barbeyron, William Helbert, Mirjam Czjzek, Gurvan Michel. Transfer of carbohydrate-active enzymes from marine bacteria to Japanese gut microbiota. Nature, 2010; 464 (7290): 908

6.       Biology of freshwater red algae, pp. 89–157

The X
Sains adalah sebuah pengetahuan universal, ilmu pengetahuan tidaklah sama dengan pengetahuan dongeng. Kadang, fakta lebih menyakitkan daripada doktrin / pandangan turun temurun.
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.