Diposting Selasa, 28 September 2010 jam 12:36 am oleh Gun HS

Fisika Kuantum: Citarasa Entanglement

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Selasa, 28 September 2010 -


Keterkaitan (entanglement) objek-objek kuantum dapat mengambil bentuk yang mengejutkan. Fisika kuantum di Universitas Innsbruck telah meneliti beberapa citarasa keterkaitan di empat ion yang terjebak dan melaporkan hasilnya dalam jurnal Nature Physics. Studi mereka mempromosikan perkembangan lebih lanjut terhadap komputasi kuantum dan pemahaman yang lebih dalam tentang dasar-dasar mekanika kuantum.

Entanglement merupakan sifat menarik yang menghubungkan sistem kuantum. Albert Einstein menyebutnya “aksi seram di kejauhan”. Penggandengan aneh ini bisa menghubungkan partikel-partikel, bahkan jika mereka berada pada sisi yang berlawanan dari galaksi. Kekuatan koneksi mereka berada di belakang komputer kuantum menjanjikan, mesin impian yang mampu melakukan komputasi secara cepat dan efisien.

Tim dipimpin oleh Rainer Blatt dari Institut Fisika Eksperimental Universitas Innsbruck, yang telah bekerja sangat berhasil menuju perwujudan sebuah komputer kuantum. Dalam studi terbaru mereka, para fisikawan ini mengekspos empat ion terkait terhadap lingkungan yang bising.

“Pada awalnya ion menunjukkan koneksi yang sangat kuat,” kata Julio Barreiro. “Ketika terkena lingkungan yang mengganggu, ion memulai perjalanan ke dunia klasik. Dalam perjalanan ini, keterkaitan mereka menunjukkan berbagai citarasa atau sifat.” Hasil mereka jauh melampaui apa yang sebelumnya diselidiki dengan dua partikel terkait sejak empat partikel dapat dihubungkan dengan cara yang lebih banyak. Investigasi ini membentuk sebuah dasar penting bagi pemahaman tentang keterkaitan di bawah kehadiran gangguan lingkungan dan batas antara dunia kuantum dan klasik yang berbeda. Karya kini telah diterbitkan dalam jurnal Nature Physics.

Sebagai bagian dari studi mereka, para ilmuwan Innsbruck telah mengembangkan alat teoretis baru untuk mendeskripsikan keadaan terkait dan teknik eksperimen baru untuk pengendalian partikel dan lingkungan mereka. Dampak tinggi penelitian mereka dimungkinkan berkat dukungan dari Dana Sains Austria FWF, Komisi Eropa dan industri Tyrolean.

Sumber: sciencedaily.com

Gun HS
There's only one thing I figured about myself: Complex
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.