Diposting Sabtu, 25 September 2010 jam 4:02 am oleh Gun HS

TimeTree, Aplikasi Evolusi Gratis iPhone: Saat Manusia Berbagi Nenek Moyang dengan Kera

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Sabtu, 25 September 2010 -


Sebuah aplikasi iPhone terbaru, TimeTree, memungkinkan pengguna untuk beberapa saat melihat tentang masa lalu saat mereka berbagi nenek moyang yang sama dengan spesies lain di Bumi.

Aplikasi TimeTree ini, yang dikembangkan oleh para ilmuwan di Universitas Penn State Amerika Serikat, termasuk gambar “Pohon Kehidupan” – gambar lingkaran yang menunjukkan rute kehidupan yang telah diambil dari sumber tunggal kepada 1.610 keluarga taksonomi yang ada (yang berisi antara tujuh dan 100 juta spesies individu). Memungkinkan siapa saja pengguna Apple iPhone memanfaatkan gudang besar data internet tentang keanekaragaman kehidupan, dari bakteri ke manusia. Dirancang untuk menjawab pertanyaan sederhana, cepat dan otoritatif: kapan spesies A dan spesies B berbagi nenek moyang yang sama?

“Aplikasi IPhone baru kami bisa menyenangkan bagi orang yang ingin belajar kapan kucing dan anjing mulai berkembang ke jalur evolusi yang berbeda, selain menjadi alat ilmiah yang berguna,” kata Blair Hedges, profesor biologi di Penn State University.

Aplikasi smartphone baru untuk iPhone, iPod, dan iPad memberikan kekuatan bagi siapa pun untuk menjelajahi daerah yang berada di garis depan biologi perbandingan dan untuk mencari tempatnya di pohon-waktu kehidupan.

Aplikasi gratis beserta situs terlampirnya merupakan gagasan dari Hodges bersama Dr Sudhir Kumar, lulusan PhD universitas yang sama, yang sekarang adalah direktur Biodesign Institute’s Center for Evolutionary Medicine and Informatics di Arizona State University.

“Salah satu hal paling penting tentang pengetahuan dasar,” kata Kumar, “adalah bahwa hal ini memungkinkan bagi siapa saja untuk melihat kesepakatan dan perselisihan baru-baru ini di lapangan, segera.”

Sebagaimana ilmu pengetahuan bertambah, TimeTree bisa di-update, sehingga informasi yang lebih akurat tentang evolusi manusia akan tersedia pada sentuhan layar.

“Kami masih dalam masa pengembangan pohon-waktu,” kata Prof Hedges. “Ada jutaan dan jutaan spesies yang diketahui, di mana gen mereka masih dalam pengerjaan pengurutan oleh ilmuwan di seluruh dunia, dan ada banyak lagi spesies yang belum ditemukan. Kami sangat menantikan untuk menambahkan data baru ke TimeTree sehingga setiap orang bisa dengan mudah mengeksplorasi pohon kehidupan dan skala waktunya.”

Sayangnya, di Amerika Serikat, aplikasi ini mungkin tidak memiliki peminat yang begitu besar. Survei menunjukkan bahwa sebanyak 40 persen orang Amerika tidak percaya kita berbagi satu nenek moyang dengan kera. Tapi para pengembang berharap, aplikasi TimeTree akan memungkinkan pengguna untuk melihat secara tepat bagaimana luas pengetahuan kita tentang sejarah kehidupan yang sebenarnya.

Untuk dapat men-download aplikasi ini secara gratis, Anda bisa mengunjungi situs berikut: http://www.timetree.org/. Situs itu pun dilengkapi dengan buku The TimeTree of Life, yang memperlihatkan secara rinci bagaimana Pohon bekerja, yang bisa Anda download secara gratis pula.

NB: Saat penulisan artikel ini, aplikasi beserta situsnya tengah dalam perbaikan, dan Prof Hedges mengkonfirmasi bahwa situs TimeTree akan segera beroperasi kembali.

Sumber:
telegraph.co.uk
sciencecodex.com
timetree.org

Gun HS
There's only one thing I figured about myself: Complex
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.