Diposting Rabu, 22 September 2010 jam 9:56 pm oleh The X

Jangan lewatkan Autumnal Equinox tanggal 23 September 2010

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Rabu, 22 September 2010 -


Tanggal 22 September 2010 malam, kamu akan melihat Bulan purnama ada di sekitar 7 derajat arah barat laut Yupiter pada waktu menjelang malam. Jarak tampak keduanya semakin pendek seiring waktu. Bulan tenggelam waktu pagi tanggal 23 dan hanya terpisah 6 derajat dengan Yupiter. Anda akan mudah mengenal Yupiter, karena ia benda yang sangat terang di langit malam, setelah bulan. Siangnya, Matahari akan mencapai khatulistiwa langit dalam perjalanannya berpindah dari belahan utara menuju selatan. Dalam astronomi ini disebut autumnal equinox. Tepat jam 12 siang kamu bisa melihat bayangan lenyap sepenuhnya karena matahari tepat di atas kepala. Peristiwa ini hanya terjadi dua kali dalam setahun pada saat equinox tersebut.

Musim-musim terjadi bukan karena perubahan jarak Bumi dari Matahari, namun karena fakta kalau sumbu rotasi Bumi miring 23.5 derajat dengan bidang orbit Bumi mengelilingi matahari. Pada saat di belahan utara Bumi mengalami musim panas, itu berarti belahan utara Bumi menghadap lebih dekat ke Matahari. Pada saat musim panas terjadi di belahan selatan Bumi, maka belahan selatan Bumi yang lebih dekat menghadap Matahari. Nah, ini berarti ada saat dimana belahan utara bergantian dengan belahan selatan, dan ada saat dimana belahan selatan yang bergantian dengan belahan utara. Saat dimana matahari melintasi khatulistiwa langit untuk berpindah dari selatan ke utara, saat ini disebut vernal equinox dan terjadi sekitar tanggal 22 Maret. Saat dimana matahari melintasi khatulistiwa langit untuk berpindah dari utara ke selatan, saat ini disebut autumnal equinox dan terjadi sekitar tanggal 22 September. Tanggal equinox tidak terlalu konstan, karena kekakuan kalender kita sendiri. Untuk tahun 2010, besok adalah saat terjadinya autumnal equinox. Tanggal 23 september 2010 pukul 10.09 WIB dan matahari akan tepat di atas kepala saat pukul 12.00 WIB. Saat inilah bayangan tongkat yang ditancapkan di tanah lapang akan hilang sepenuhnya di daerah yang dilewati garis Khatulistiwa.

Lokasi-lokasi astronomis di Bola langit dengan bumi di tengahnya

Pada saat ini, bagi kita yang tinggal di khatulistiwa, matahari berada tepat di atas kepala. Ini artinya kalau sebuah tongkat mulus lurus ditancapkan ke tanah, ia tidak akan berbayang-bayang. Peristiwa yang hanya terjadi dua kali setahun ini kadang luput dari perhatian kita, tapi tidak bagi orang masa purba yang hidupnya sangat bergantung pada cuaca dan iklim. Jika kamu tertarik menyaksikannya, catat waktunya dan nikmatilah.

Searah Jarum jam: titik balik selatan, autumnal equinox, titik balik utara, dan vernal equinox serta posisinya dalam revolusi bumi mengelilingi matahari (tengah)

Jika anda masih ingin menunggu peristiwa astronomi baru. Tunggu saja magrib tiba. Menjelang malam tanggal 23 September 2010 Venus akan sangat terang. Magnitudo tampaknya mencapai -4.6. Ia dapat kamu temukan di dekat cakrawala barat dimana matahari baru saja tenggelam. Venus tidak akan pernah berada di atas kepala kita, jadi untuk menemukannya tanggal berapapun, kamu cukup melihat cakrawala barat di waktu magrib atau cakrawala timur di waktu shubuh. Ia selalu berada di dekat matahari karena secara urutan, Venus memang lebih dekat ke Matahari daripada Bumi.  Lebih dekat lagi di cakrawala, bila kamu berada di pantai, kamu bisa melihat Merkurius. Venus dan Merkurius adalah langit lapis kedua dan ketiga dalam mitologi kuno tentang tujuh lapis langit.

Referensi

1.       Sir Patrick Moore. 2006. Atlas of the Universe. Philip’s.

2.       Sky at Night. September 2010.

The X
Sains adalah sebuah pengetahuan universal, ilmu pengetahuan tidaklah sama dengan pengetahuan dongeng. Kadang, fakta lebih menyakitkan daripada doktrin / pandangan turun temurun.
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.