Diposting Minggu, 19 September 2010 jam 4:32 pm oleh Gun HS

Gagak Menggunakan Alat untuk Menghasilkan Makanan Sehat

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Minggu, 19 September 2010 -


Meskipun sekarang diketahui bahwa beberapa spesies hewan dapat menggunakan alat untuk makan, kelangkaan perilaku ini masih teka-teki. Secara umum diasumsikan bahwa penggunaan alat memainkan peran kunci dalam evolusi manusia, sehingga pemahaman konteks ekologis perilaku ini, beserta akar evolusinya, merupakan kepentingan yang ilmiah.

Beberapa burung, seperti gagak New Caledonian, menggunakan tongkat sebagai alat, dan sekarang para peneliti mulai mengerti alasan di balik itu, yaitu untuk memperoleh makanan yang lebih baik dan bergizi. Penemuan ini membantu menjelaskan bagaimana dan mengapa alat yang digunakan pertama kali berkembang, tapi jawabannya tidak begitu jelas seperti yang Anda bayangkan.

Gagak New Caledonian, menggunakan sebatang ranting untuk memperoleh makanan (Gavin Hunt/ABC)

Alat tidak selalu memberikan yang tercepat, solusi termudah untuk masalah. Dalam kasus gagak New Caledonian, misalnya, penggunaan tongkat yang mereka lakukan untuk mengeluarkan makanannya, berupa larva kumbang, dari dahan pohon yang membusuk membutuhkan waktu lama dan latihan. Lalu, kenapa gagak perlu repot-repot dengan tongkat itu?

Christian Rutz dari Universitas Oxford beserta para koleganya menyelidiki keuntungan menggunakan alat ini dengan menganalisis bagaimana larva kumbang berkontribusi pada makanan individu gagak. Karena kumbang sendiri memiliki makanan lain berupa kayu, maka serta merta mereka membawa tanda isotop yang unik. Para ilmuwan menelusuri tanda unik ini pada bulu dan darah gagak liar. Berikutnya, Rutz beserta timnya menciptakan model untuk memperkirakan berapa banyak energi dari sumber makanan ini bisa diperoleh gagak.

Para peneliti menemukan bahwa hanya beberapa larva yang dapat memenuhi kebutuhan energi sehari-hari pada gagak. Penggunaan tongkat adalah usaha gagak untuk memperolehnya. Ini mungkin tampak butuh waktu selamanya bagi salah satu burung itu untuk memperoleh makanan yang terbaik dengan menggunakan tongkat, tapi usahanya itu ternyata tidaklah sia-sia. Apa yang tampak oleh kita adalah hasil olahan sangat kecil seperti kemasan jus protein yang menjadi hidangan sehat bagi burung gagak, menunjukkan bahwa penggunaan alat kompeten menghasilkan manfaat yang besar.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa penggunaan alat dapat menyediakan akses bagi gagak New Caledonian ke sumber makanan yang sangat menguntungkan, yang tidak mudah jika hanya memanfaatkan paruhnya saja,” kata Dr Rutz.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Science ini, menyoroti imbalan besar yang tersedia bagi pengguna alat yang mahir dan juga keturunan mereka, membantu menjelaskan bagaimana penggunaan alat bisa muncul dan menyebar ke seluruh populasi hewan.

Sumber:
msnbc.msn.com
esciencenews.com
cbc.ca

Gun HS
There's only one thing I figured about myself: Complex
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.