Diposting Senin, 6 September 2010 jam 11:09 pm oleh The X

60 Sumbangan terbesar Royal Society terhadap sains modern

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Senin, 6 September 2010 -


Dalam sains, sekedar teori bukanlah yang terpenting, yang terpenting adalah pembuktian. Sebuah eksperimen atau observasi fenomena yang mengkonfirmasi atau menggugurkan sebuah teori.  Seperti kata orang bijak: “Seindah apapun sebuah teori, hanya ada satu orang ilmuan yang percaya, yaitu ilmuan yang membuatnya. Sebaliknya, seteliti apapun sebuah percobaan, hanya ada satu orang yang tidak percaya, yaitu ilmuan yang melakukannya.”

Karena pentingnya percobaan/pengamatan, maka  apa yang didaftarkan oleh Royal Society bukanlah sebuah saat dimana teori-teori besar lahir, tapi saat dimana sebuah percobaan/pengamatan menunjukkan fakta ilmiah baru. Fakta ilmiah yang mendasar, bagi pemahaman kita terhadap alam tempat kita hidup.

Markas besar Royal Society di Carlton House Terrace, London

Royal Society cukup baik memberikan daftar pranala ke setiap berkas laporan ilmiah tersebut, yang terentang semenjak awal masa Renaissance. Berikut adalah makalah-makalah paling mendasar yang diterbitkan oleh Royal Society berdasarkan seleksi terhadap 60 ribu terbitannya. Mereka semua merupakan karya tulis ilmiah terbaik dari Royal Society. Nomor urut dibuat berdasarkan tahun, bukan prioritas.

1. Tryals Proposed by Mr. Boyle to Dr. Lower, to be Made by Him, for the Improvement of Transfusing Blood out of One Live Animal into Another. R. Boyle, 1666

Dari judulnya sudah jelas. Ini adalah sebuah laporan penelitian yang menunjukkan keberhasilan transfusi darah pertama kali pada hewan hidup. Makalah ini merintis kemungkinan untuk transfusi darah pada manusia, terutama di saat perang. Perlu waktu 200 tahun lebih dan berderet percobaan sebelum transfusi darah yang aman berhasil dilakukan antar manusia.

Transfusi darah pertama dari domba ke manusia, 1705

2. An Account of an Experiment Made by Mr. Hook, Keeping a dog alive by blowing through its lungs with bellows. Robert Hooke, 1667

Pembuktian pertama kalinya mengenai mekanisme paru-paru yang justru datang dari seorang fisikawan. Dalam buku teks kita mengenal Hukum Hooke pada pegas, namun justru disini ia menunjukkan bagaimana fisika juga dapat diterapkan pada biologi. Metodenya kemudian dipakai untuk P3K yang sering anda lihat di televisi saat seorang memompa paru-paru korban yang diduga telah mati.

3. A Letter of Mr. Isaac Newton, Professor of the Mathematicks in the University of Cambridge; Containing His New Theory about Light and Colors. Issac Newton, 1671.

Pembuktian mengenai teori cahaya dan warna oleh Newton. Di sini ia menunjukkan bagaimana cahaya matahari dilewatkan pada prisma dan terurai menjadi spektrum cahaya. Dan dari sini ia merumuskan teori cahaya dan warnanya. Teorinya menjadi dasar dari perkembangan alat optik di kemudian hari. Dibidang teori sendiri, teori cahaya Newton menganggap cahaya sebagai partikel.

4. Observations, Communicated to the Publisher by Mr. Antony van Leewenhoeck, in a Dutch Letter of the 9th of Octob. 1676. Antony van Leewenhoeck, 1677

Makalah yang menunjukkan pertama kali gambar mikroba dalam tetesan air dan beberapa wadah lainnya. Sebagaimana telah kita kenal, Leewahoek adalah salah satu tokoh yang merintis ilmu tentang mikroba. Pengamatannya ini membuktikan bahwa penyakit menular bukan disebabkan oleh kutukan, sihir, dosa, atau perbuatan bejat. Penyakit menular disebabkan oleh bakteri dan protozoa, atau lebih singkatnya, kuman.

5. Observations of the Late Total Eclipse of the Sun on the 22nd of April Last Past, Made before the Royal Society at Their House in Crane-Court in Fleet-Street, London. by Dr. Edmund Halley. Edmund Halley, 1715

Ini adalah laporan hasil pengamatan dari astronom, Edmund Halley mengenai fenomena gerhana matahari total. Memang telah banyak orang melihat gerhana matahari total sepanjang sejarah, namun yang dilakukan Halley merupakan pengamatan secara ilmiah. Pengamatan dengan sangat hati-hati mulai dari mencatat bentuk-bentuk, kecepatan dan perhitungan matematis lainnya. Untuk itu ia memberikan pemahaman yang luas mengenai fenomena gerhana matahari dan menyingkirkan mitos-mitos disekitarnya.

6. An Account of Some Observations Made by a Young Gentleman, Who Was Born Blind, or Lost His Sight so Early, That He Had no Remembrance of Ever Having Seen, and Was Couch d between 13 and 14 Years of Age. W Cheselden, 1727.

Ini laporan hasil pembedahan seorang dokter terhadap mata seorang anak yang buta sejak lahir. Sang anak dapat melihat kembali dan keberhasilan ini meruntuhkan perdebatan filsafat mengenai apakah sifat otak terhadap persepsi. Sang anak terkesan dengan warna yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya namun ia belum dapat membedakan jarak antara dua benda. Ini adalah saat pertama dimana orang yang buta sejak lahir memiliki harapan untuk dapat melihat kembali, bahkan lewat pembedahan dengan teknologi tahun 1700 an.

7. The Description of a New Instrument for Taking Angles. J. Hadley, 1731

Sebuah deskripsi mengenai penemuan oktans, sebuah alat pengukur lintang posisi kapal di lautan. Dengan alat ini, penjelajahan samudera menjadi lebih baik dan peta-peta yang akurat dapat dibuat.

8. A Letter of Benjamin Franklin, Esq; to Mr. Peter Collinson, F. R. S. concerning an Electrical Kite. Benjamin Franklin, 1751

Hasil eksperimen Franklin yang radikal. Ia berteori kalau petir saat badai sebenarnya adalah listrik yang mengalir dari awan ke bumi. Setelah menyusun teori ini, ia mengujinya dengan percobaan menangkap petir dengan layang-layang di saat badai. Percobaaan ini berbahaya karena petir tersebut dapat membunuhnya. Tapi ternyata teorinya benar, dan orang mulai memakai penangkal petir di menara. Tentu saja yang paling diuntungkan adalah gereja-gereja yang sebelumnya sering tersambar petir.

9. An Account of Inoculation. H Sloane dan T Birch, 1755

Sebuah laporan hasil percobaan pengobatan dengan metode baru, yaitu variolasi. Metode ini adalah menggunakan kuman cacar yang dimasukkan ke dalam luka untuk menangkal penyakit yang lebih berbahaya. Subjek penelitiannya adalah enam orang kriminal, untuk berjaga-jaga kalau seandainya teori mereka salah. Di zaman modern, metode variolasi diganti dengan vaksinasi yang lebih aman. Tapi pada dasarnya, vaksinasi memiliki prinsip yang sama dengan variolasi.

10.  An Account of Some Experiments concerning the Different Refrangibility of Light. J Dollon dan J Short, 1757

Makalah yang menjelaskan penemuan lensa akromatis, sebuah lensa yang jernih tanpa gangguan pewarnaan. Lensa ini sekarang banyak digunakan dalam alat optik seperti mikroskop atau teropong maupun teleskop kecil.

11.  An Account of the Success of the Bark of the Willow in the Cure of Agues. E Stone, 1763

Percobaan pertama yang menunjukkan kemampuan kulit kayu Willow dalam menyembuhkan demam. Sebelumnya orang harus mengimpor obat dari tanaman di Amerika Selatan untuk mengobati demam di Eropa. Edmund Stone yang kebetulan seorang bangsawan kaya raya serta tertarik pada sains, melakukan penelitian lima tahun untuk menemukan ramuan ini. Sekarang temuannya sudah diekstrak dalam bentuk pil yang dinamai aspirin.

12.  An Essay towards Solving a Problem in the Doctrine of Chances. T. Bayes dan Price, 1763

Pendeta yang tertarik dengan permainan judi. Bukan pada bermainnya, tapi pada proses matematika yang terjadi di dalamnya. Dari pengamatannya, Bayes dan Price membangun aturan-aturan yang sekarang kita pelajari dalam buku teks Matematika mengenai Peluang. Algoritma Bayes dipakai untuk mesin pencari seperti Google dan menyaring spam dari email dan juga dipakai di neurologi.

Dadu pertama, dari Williamsburg Virginia

13.  Account of Several Phaenomena Observed during the Ingress of Venus into the Solar Disc. W Hirst, 1769

Penentuan jarak bumi ke matahari pertama kali lewat pengamatan transit Venus. Walaupun teorinya sebenarnya berasal dari Edmund Halley, namun Hirst yang berhasil menunjukkannya dan mengukur jarak bumi ke matahari yang disebut 1 Satuan Astronomi.

14.  Account of a Very Remarkable Young Musician. D Barrington, 1770

Laporan hasil pengamatan dan pengujian kejeniusan Mozart. Barrington adalah seorang skeptis dan dengan teliti ia menguji kemampuan Mozart. Dengan pengakuannya pada kehebatan sang anak brilian ini, maka dunia ilmiah semakin tertarik dengan sifat otak dan kecerdasan.

15.  Observations on Different Kinds of Air. J Prestley dan W Hey, 1772.

Sebuah contoh dari kata-kata orang bijak yang ditulis di paragraf awal artikel ini. Prestley adalah pemegang teguh teori Phlogiston, namun hasil penelitiannya justru menyangkal sepenuhnya teori tersebut. Sungguh demikian, ia tidak percaya akan hasil ini dan merasa percobaannya kurang teliti. Dalam laporan ini, ia menemukan berbagai jenis gas baru. Hasil percobaannya menunjukkan kebenaran teori yang telah lama ditentangnya, teori yang berasal dari Lavoisier. Laporan hasil penelitian ini menjadi dasar berkembangnya kimia modern.

16.  Further Experiments and Observations in an Heated Room. C Blagden, 1775

Sama seperti percobaan layang-layang, percobaan Blagden merupakan percobaan mematikan. Ia memasuki sebuah kamar yang dipanaskan dengan suhu 127 derajat Celsius. Ia bersama teman-temannya bahkan anjingnya, tidak terbakar ataupun meleleh. Mereka aman-aman saja. Blagden membuktikan kalau terdapat toleransi panas pada tubuh manusia yang disebabkan oleh keringat. Disini ia menunjukkan fungsi keringat sebagai isolator tubuh terhadap udara yang panas.

17.  The Method Taken for Preserving the Health of the Crew of His Majesty’s Ship the Resolution during Her Late Voyage Round the World. James Cook, 1776.

Laporan ilmiah mengenai nutrisi para pelaut. Kapten besar James Cook membeberkan rahasia mengapa ia dan awak kapalnya mampu melayari lautan di penjuru planet tanpa mengalami berbagai gangguan kesehatan yang sering terjadi pada para penjelajah samudera. Metodenya kemudian ditiru oleh banyak pelaut Inggris untuk menjaga kesehatan dan nutrisi awak dalam perjalanan panjang menjelajahi dunia.

18.  Observations on the Natural History of the Cuckoo. Edward Jenner, 1788

Makalah yang datang dari penemu Vaksinasi, Edward Jenner. Makalah ini ditulis sebelum penemuan vaksinasi yang menyempurnakan metode variolasi. Keunggulan makalah ini adalah perilaku burung yang sangat unik. Burung cuckoo bertelur di sarang burung spesies lain dan sang burung kemudian menggantikan penghuni asli sarang tersebut. Pengamatan ini memicu ketertarikan para naturalis mempelajari dunia burung, dan salah satunya memicu Charles Darwin untuk mengembangkan teori evolusi lewat seleksi alam dari pengamatannya tentang burung.

19.  Experiments and Observations to Investigate the Composition of James’s Powder. G Pearson dan J Banks, 1791

Hasil analisa mengenai kandungan bubuk pengobat demam dari Dr James, seorang dokter terkemuka.

Iklan Bubuk Demam Dokter James

20.  An Account of the Discovery of a Comet. Caroline Herschel, 1794

Astronom wanita dan penemu beberapa buah komet. Caroline adalah saudari dari William Herschel, astronom besar. Ia menjadi wanita pertama yang diakui di kalangan ilmiah yang terhormat.

21.  On the Electricity Excited by the Mere Contact of Conducting Substances of Different Kinds. Alessandro Volta, 1800.

Penemuan baterai listrik pertama. Untuk menghargainya, namanya di abadikan sebagai satuan tegangan listrik. Baterai pertama ini memicu sederetan penemuan di bidang ketenaga listrikan lainnya.

22.  The Bakerian Lecture: On the Theory of Light and Colours. T. Young, 1802

Teori cahaya gelombang, sebuah tantangan besar buat teori cahaya partikel Newton. Teori gelombang ini ditunjukkan dengan berbagai demonstrasi oleh Young. Walau begitu, dalam fisika, Young lebih terkenal dengan sumbangannya pada teori elastisitas dengan istilah modulus Young.

23.  On the Direction and Velocity of the Motion of the Sun, and Solar System. William Herschel, 1805.

Giliran saudara dari Caroline yang memberikan sumbangan. Herschel membuktikan kalau matahari dan tata surya sesungguhnya bergerak dalam ruang antar bintang. Laporan ini menjadi kunci studi astronomi yang membawa pada penemuan galaksi.

24.  An Account of an Invention for Giving Light in Explosive Mixtures of Fire-Damp in Coal Mines, by Consuming the Fire-Damp. Sir Humphry Davy, 1816.

Kimiawan besar ini melaporkan penemuannya mengenai lampu gas yang kita sebut sekarang dengan nama Petromark atau Strongkeng. Lampu gas ini memberikan cahaya sangat terang dan lebih aman digunakan daripada obor atau lampu minyak. Ia menyelamatkan banyak nyawa yang bekerja di pertambangan.

25.  Account of an Assemblage of Fossil Teeth and Bones of Elephant, Rhinoceros, Hippopotamus, Bear, Tiger, and Hyaena, and Sixteen Other Animals; Discovered in a Cave at Kirkdale, Yorkshire, in the Year 1821. W Buckland, 1822.

Bukti geologis pertama mengenai usia bumi yang tua. Walaupun Buckland seorang yang percaya dengan banjir Nuh, ia menafsirkan ulang ayat-ayat Genesis dan menyimpulkan bahwa fosil-fosil yang ia teliti telah berusia jutaan tahun lamanya.

26.  On the Constitution of the Atmosphere. John Dalton, 1826.

Penyusunan teori dan percobaan mengenai unsur-unsur pembentuk atmosfer. Walaupun masih karya perintis, laporan Dalton merupakan laporan pertama yang menjelaskan unsur-unsur penting di dalam udara yang kita hirup.

27.  On the Mathematical Theory of Suspension Bridges, with Tables for Facilitating Their Construction. D Gilbert, 1826.

Dengan perangkat matematika, Gilbert mengembangkan teori jembatan gantungnya. Lebih jauh, ia menerapkannya pada jembatan gantung pertama di dunia. Jembatan ini memecahkan rekor beban yang mampu ditanggung. Ia memecahkan kebuntuan yang menyelimuti revolusi industri mengenai bagaimana cara melintasi selat dan sungai besar dengan beban besar seperti kereta api.

28.  An Account of Some Recent Improvements in Photography. H F Talbot, 1837

Sebuah penjelasan mengenai penemuan fotografi yang ringan. Sebelumnya untuk memotret diperlukan perangkat besar yang tidak praktis untuk dibawa kemana-mana. Temuan Talbot menjadikan kamera seperti halnya handphone yang menggantikan peran telepon yang statis.

29.  Observations on the Nebulae. Earl of Rosse, 1850

Earl of Rosse membangun teleskop raksasa yang disebut Leviathan of Parsonstown. Berbeda dengan teleskop kecil yang memakai lensa, teleskop raksasa menggunakan cermin. Hal ini karena cermin jauh lebih unggul dalam berbagai hal dibandingkan lensa. Dengan teleskop raksasa ini ia mengamati banyak jenis nebula, beberapa diantaranya adalah galaksi yang dicirikan dengan struktur spiral. Walau begitu, saat ini masih belum disadari kalau nebula spiral tersebut adalah galaksi yang berada jauh di luar bima sakti.

30.  On the Mechanical Equivalent of Heat. J.P Joule, 1850

Landasan termodinamika dibangun pertama oleh makalah ini. Di sini Joule menunjukkan kalau panas hanyalah sebuah gerakan. Dengan kata lain, atom yang bergerak itulah panas. Semakin cepat ia bergerak, semakin tinggi suhunya.

31.  The Bakerian Lecture. Experimental Researches in Electricity. Twenty-Fourth Series. Michael Faraday, 1851

Percobaan pertama untuk menggabungkan gravitasi dengan listrik. Dalam makalah ini, Faraday, penemu besar di bidang kelistrikan yang terkenal dengan hukum induksinya, berusaha membuktikan kalau gravitasi dapat menghasilkan listrik. Percobaannya sepenuhnya gagal. Namun justru dari kegagalan seperti inilah kita telah belajar bahwa gravitasi adalah gaya yang radikal, jauh berbeda dari magnet dan listrik.

32.  On the Early Stages of Inflammation. Joseph Lister, 1858

Sebuah makalah dari bapak antiseptik modern. Lister menjelaskan hasil pengamatannya pada berbagai kasus pendarahan dan menyimpulkan kalau mikroba mampu masuk ke dalam luka dan menyebabkan penyakit.

33.  A Dynamical Theory of the Electromagnetic Field. James Clerk Maxwell, 1865

Sebuah penjelasan teoritis dan eksperimental mengenai penggabungan antara magnet dan listrik untuk pertama kalinya. Maxwell menyebutnya elektromagnet dan teori yang menjelaskannya dinamainya teori elektromagnetik. Lebih jauh ia mengatakan bahwa cahaya hanyalah sebuah perwujudan dari gelombang elektromagnetik. Inilah salah satu pencetus teori relativitas Einstein.

34.  The Patterns in Thumb and Finger Marks. On Their Arrangement into Naturally Distinct Classes, the Permanence of the Papillary Ridges that Make Them, and the Resemblance of Their Classes to Ordinary Genera. F Galton, 1891

Makalah yang menjadi dasar penggunaan sidik jari sebagai penentu identitas. Galton membuktikan kalau setiap sidik jari individu berbeda. Makalah ini merupakan sebuah database ukuran dan klasifikasi, sebuah ciri penggunaan metode induksi untuk menjelaskan perbedaan.

35.  Preliminary Note on the Spectrum of the Corona. N Lockyer, 1898

Lockyer menjelaskan penemuannya mengenai garis-garis spektrum dari matahari. Ia membuktikan kalau korona matahari justru jauh lebih panas dari suhu permukaan matahari itu sendiri. Akibatnya muncul misteri baru mengenai bagaimana fisika matahari sesungguhnya.

36.  Croonian Lecture: The Chemical Regulation of the Secretory Process. W M Bayliss dan Ernest Starling, 1904

Hormon pertama kali ditemukan dan dilaporkan dalam makalah ini. Hormon adalah utusan kimiawi yang dilepaskan oleh sebuah sel untuk bertugas pada sel lainnya yang ada di bagian lain tubuh. Penemuan ini berpengaruh besar bagi perkembangan kedokteran dan biologi.

37.  On a Diffuse Reflection of the `alpha-Particles`. H Geiger dan E Marsden, 1909.

Revolusi besar fisika dengan ditemukannya inti atom. Geiger dan Marsden menemukannya justru lewat percobaan yang sederhana sekali. Hanya menyinari sebuah lempengan logam tipis. Percobaan ini telah dijelaskan dalam buku teks fisika mengenai sejarah atom.

38.  Physiological Observations Made on Pike’s Peak, Colorado, with Special Reference to Adaptation to Low Barometric Pressures. C Gordon Douglas et al, 1913.

Penjelasan pertama kali mengenai pengaruh ketinggian terhadap fisiologi tubuh manusia. Dalam penelitian ini ditunjukkan adanya peningkatan jumlah sel darah merah dalam beberapa hari setelah seseorang hidup di puncak gunung. Percobaan ini juga termasuk percobaan yang mematikan karena para ilmuan sendiri yang mendaki gunung dan menempuh halangan dan rintangan yang ada di depannya.

39.  A Determination of the Deflection of Light by the Sun’s Gravitational Field, from Observations Made at the Total Eclipse of May 29, 1919. F W Dyson, Arthur Eddington dan C Davidson, 1920

Penelitian gerhana matahari di dua tempat yang membuktikan keunggulan Teori Relativitas umum Einstein.  Laporan ilmiah ini langsung mengubah Einstein menjadi selebritis dan kemudian teorinya mendapat perhatian besar dari fisikawan dunia.

40.  On the Mathematical Foundations of Theoretical Statistics. R A Fisher, 1922

Laporan hasil penelitian di masa kini umumnya menggunakan apa yang diteliti pertama kali oleh Fisher. Baik penelitian ekonomi, sosial maupun sains, yang bersifat kuantitatif. Hipotesis nol, uji statistik, penentuan sampel, dan sebagainya berasal dari sini. Nilai signifikansi F-value merupakan  singkatan dari nama beliau, Fisher.

41.  The Quantum Theory of the Electron. P A M Dirac, 1928

Salah satu kunci teori kuantum di sajikan disini, persamaan Dirac. Dirac merubah tebak-tebakan menjadi matematika yang pasti. Sebelumnya spin atom  tidak dapat dipastikan karena banyaknya keadaan atomik yang mungkin, tapi Dirac berhasil merumuskannya dalam satu persamaan dan menentukan nilai yang tepat untuk pembelahan tingkat energi atom. Lebih jauh ia meramalkan adanya anti materi.

42.  Barbara McClintock. 16 June 1902–2 September 1992. N V Fedoroff, 1994

Makalah ini sebenarnya sebuah biografi dari Barbara McClintock, peraih nobel atas penemuan transposisi, fenomena melompatnya gen dari satu lokasi ke lokasi lain. Sifat transposon sangat mirip dengan virus. Penelitiannya menjelaskan banyak teka-teki di bidang genetika. Sayangnya Royal Society tidak memiliki dokumentasi hasil penelitian ilmiahnya sehingga makalahnya diringkas ke dalam sebuah biografi yang diterbitkan dua tahun setelah beliau wafat.

43.  Theory of the Fatigue of Metals. E Orowan, 1939

Sederetan percobaan dan teori mengenai sifat logam yang dapat lelah. Kelelahan logam ini sebenarnya sudah lama dikenali dalam industri perkereta apian, namun baru Orowan yang menelitinya dengan seksama. Penemuannya sangat berperan bagi dunia penerbangan.

44.  Howard Florey and the development of penicillin. H Harris, 1999

Sama seperti Barbara, makalah ini adalah sebuah biografi dari salah seorang penemu penisilin, Howard Florey. Beliau lah yang pertama kali memakai penisilin pada manusia, yaitu pasien yang mengalami infeksi yang parah. Kesembuhannya cepat dan spektakuler. Penisilin menjadi revolusi di dunia pengobatan.

45.  Bakerian Lecture. Meteorology of the Lower Stratosphere. G M B Dobson et al, 1946

Penemuan sirkulasi Brewer-Dobson, yaitu sirkulasi udara global di Stratosfer bumi, salah satu dari empat lapisan atmosfer. Hasil penelitian ini berperan penting dalam pemahaman mengenai menipisnya lapisan ozon beberapa puluh tahun kemudian.

46.  The Formation of a Blast Wave by a Very Intense Explosion. II. The Atomic Explosion of 1945. G I Taylor, 1950

Laporan hasil pengamatan video rekaman ledakan bom atom pertama di dunia, di New Mexico, Juli 1945. Dengan analisa yang mendalam dan jenius, ia berhasil menunjukkan bukti teori ledakan atom yang dibuat tahun 1940. Analisa fisikawan teoritis ini ternyata sesuai dengan data dari Amerika sendiri, padahal ia hanya menganalisa dari video semata.

47.  Propagation of Electrical Signals Along Giant Nerve Fibres. A L Hodgkin dan Andrew Huxley, 1952

Penjelasan ilmiah pertama mengenai mekanisme sel syaraf. Mereka hanya menggunakan kalkulator saat menghitung data yang sangat banyak dari penelitian ini. Mereka mendapat hadiah nobel atas penemuan mekanisme syaraf ini.

48.  The Complementary Structure of Deoxyribonucleic Acid. F H C Crick dan Watson, 1954

Makalah yang menjelaskan secara detil mengenai struktur DNA untuk pertama kalinya. Tidak diragukan lagi betapa besar peran pemahaman kita tentang DNA dan manfaatnya bagi rekayasa genetika yang melaju pesat sekarang.

49.  The Theory of Selection for Melanism in Lepidoptera. J B S Heldane, 1956

Bukti yang lebih kuat lagi mengenai evolusi lewat seleksi alam berdasarkan data yang sudah cukup maju dan akurat. Heldane yang skeptik mempertanyakan apakah benar perbedaan warna Biston betularia, contoh klasik evolusi, merupakan hasil seleksi alam seperti yang dikatakan Charles Darwin. Dan hasil penelitiannya membuktikan bahwa hal ini ternyata benar. Heldane di sini juga mulai mengawinkan antara genetika dengan evolusi.

50.  The Fit of the Continents around the Atlantic. E Bullard et al, 1965

Makalah yang membuktikan kebenaran teori apungan benua. Lewat perhitungan yang hati-hati, pengamatan, penyesuaian fosil dan magnetisme batuan, akhirnya Bullard et al menyimpulkan kalau teori yang sebelumnya dianggap hanya mitos, terbukti benar.

51.  The Singularities of Gravitational Collapse and Cosmology. Stephen W Hawking dan Roger Penrose, 1970

Penjelasan teoritis yang sangat detil untuk pertama kalinya pada lubang hitam. Disini Hawking dan Penrose menunjukkan berbagai sifat aneh lubang hitam. Makalah ini juga merintis jalan menuju penggabungan Relativitas Umum dan Teori Kuantum

52.  The Bakerian Lecture, 1972: Insulin, its Chemistry and Biochemistry. D J Hodgkin, 1974

Ilmuan Dorothy Hodgkin menunjukkan kejeniusannya pada penemuan struktur molekul insulin. Hal ini dilakukannya bahkan setelah ia meraih nobel atas jasanya menemukan struktur penisilin dan vitamin B12.

53.  The Enigmatic Animal Opabinia regalis, Middle Cambrian, Burgess Shale, British Columbia. H B Whittington, 1975

Whittington mengungkapkan salah satu monster dari masa Ledakan Kambria di sini. Opabinia terlihat begitu aneh sehingga saat bentuknya dilaporkan di depan para ilmuan, sebagian besar tertawa karena struktur tersebut lebih mirip alien. Whittington menyimpulkan bahwa Opabinia adalah bentuk purba yang salah satu kerabat fauna modern.

54. The Spandrels of San Marco and the Panglossian Paradigm: A Critique of the Adaptationist Programme. S J Gould dan R C Lewontin, 1979

Pemeriksaan komprehensif mengenai perdebatan evolusi.  Gould dan Lewontin menunjukkan kalau seleksi alam merupakan sebuah hipotesis, bukannya prinsip, sehingga ia harus di uji dengan eksperimen untuk setiap organisme.

55. Theory of Edge Detection. D Marr dan Ellen Hildreth, 1980

Teori yang menjelaskan mengenai bagaimana otak mampu melihat. Teori ini dipakai untuk membuat penglihatan dan pengenalan robot.

56. Open-State Substructure of Single Chloride Channels from Torpedo Electroplax. C Miller, 1982

Penjelasan dan hasil penelitian mengenai saluran ion dalam selubung selaput yang mengelilingi sel. Penjelasan ini memakai percobaan pada ikan pari, Torpedo. Dengan penemuan ini, maka ditemukan sifat dua pori pada saluran ion ini, yang menjadi landasan penelitian untuk penyembuhan penyakit terkait mutasi di saluran ion.

57. Observations from the Hinotori Mission. T Sakurai et al, 1991

Laporan hasil pengamatan dari misi Hinotori, misi luar angkasa pertama yang bertujuan mempelajari letupan matahari. Pesawat Hinotori diluncurkan tahun 1981. Namanya berarti burung api. Dari misi Hinotori kita menjadi tahu banyak hal mengenai sifat matahari.

58. Contemporary Human Diets and their Relation to Health and Growth: Overview and Conclusions. EM Widdowson et al, 1991.

Sebuah studi komprehensif mengenai dampak pola makan terhadap kesehatan dan pertumbuhan. Banyak fakta baru yang terungkap dan sangat penting bagi ilmu gizi.

59.  Conceptual Aspects of the Quantification of the Extent of Biological Diversity. R M May, 1994

Sebuah studi komprehensif dan panduan dasar mengenai studi keanekaragaman hayati. Ada banyak gagasan dan metode serta berbagai hal penting lainnya untuk mempelajari keanekaragaman hayati.

60.  A geophysiologist’s thoughts on geoengineering. J Lovelock, 2008

Tinjauan komprehensif tentang dampak dan ancaman pemanasan global serta cara-cara mengatasinya dengan landasan ilmiah yang kuat. Menurutnya kita tidak perlu lagi mengatakan bahwa manusia berhak atas bumi ini, tapi kita wajib untuk melestarikan bumi.

Semua paper yang telah disebutkan diatas dapat anda unduh dengan mengunjungi situs jurnal Royal Society di : http://trailblazing.royalsociety.org/

Referensi

  1. The Royal Society, Celebrate 350 Years. Trail blazing, Three and a half centuries of Royal Society Publishing.

The X
Sains adalah sebuah pengetahuan universal, ilmu pengetahuan tidaklah sama dengan pengetahuan dongeng. Kadang, fakta lebih menyakitkan daripada doktrin / pandangan turun temurun.
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.