Diposting Sabtu, 28 Agustus 2010 jam 8:33 pm oleh The X

Sandi genetik gandum terpecahkan

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Sabtu, 28 Agustus 2010 -


Banyak aktivis dunia berusaha mengkampanyekan negara maju agar mengatasi masalah kelaparan di berbagai negara miskin. Tapi negara maju kadang menolak dengan alasan mereka sendiri terancam rawan pangan karena konsumsi masyarakatnya yang tinggi. Para ilmuan menjawabnya dengan meluncurkan proyek penyandian genom gandum tahun 2005. Well, apa artinya ini? Artinya para ilmuan berusaha memecahkan sandi genetik sumber makanan utama sebagian besar penduduk dunia ini agar selanjutnya dapat melakukan rekayasa total. Mereka bisa, katakanlah, menanam gandum di tengah gurun dan memberikannya pada masyarakat kelaparan di Somalia.

Sekarang sudah lima tahun berlalu, tapi proyeknya baru berjalan beberapa langkah di jalan yang panjang. Tantangannya adalah genom gandum lima kali lebih besar daripada genom manusia!

Pembarisan genom gandum yang dilaporkan sekarang mencakup lima pembacaan dari varietas gandum referensi dan memberi para ilmuan dan petani akses pada 95% dari semua gen gandum. Ini memang salah satu proyek genom paling besar yang pernah dilakukan, dan cepatnya rilis data yang dilakukan diduga akan mempercepat secara signifikan penggunaan informasi ini oleh perusahaan pertanian gandum.

Tim penelitian ini melibatkan Prof Neil Hall dan Dr Anthony Hall dari Universitas Liverpool, Prof Keith Edwards dan Dr Gary Barker dari Universitas Bristol dan Prof Mike Bevan dari John Innes Centre, sebuah lembaga yang didanai oleh BBSRC.

Menteri sains dan universitas David Willetts mengatakan: “Ini adalah sumbangan Inggris kelas dunia pada usaha global untuk memetakan secara lengkap genom gandum. Dengan memakai teknologi pembarisan gen yang dikembangkan di Inggris, kita sekarang memiliki kemampuan untuk meningkatkan pertanian di masa depan semata dengan mempercepat proses pembiakan dengan memilih varietas yang tahan dalam kondisi menantang.”

Data genom ini dirilis dalam bentuk mentah, terdiri dari barisan yang telah terbaca dari genom gandum dalam bentuk huruf yang mewakili sandi genetik. Salinan lengkap genom ini memerlukan pembacaan lebih jauh, penandaan dan perakitan data kedalam kromosom. Program pembarisan skala besar dan cepat seperti ini dimungkinkan dengan platform pembarisan genom teknologi canggih, termasuk salah satu yang berbasis pada penelitian yang didanai BBSRC di Inggris tahun 1990an. Mayoritas pembarisan untuk proyek ini dilakukan menggunakan platform 454 Life Science, yang dikembangkan di Amerika Serikat.

Prof Hall mengatakan: “Data barisan genom dari varietas referensi ini, gandum musim semi China, akan memungkinkan kita melihat perbedaan antar varietas dengan beragam karakteristik. Dengan memahami perbedaan genetik antar varietas dengan berbagai sifat, kita bisa mulai mengembangkan gandum tipe baru yang lebih mampu berhadapan dengan kekeringan, kadar garam yang tinggi ataupun mampu memberikan hasil yang lebih banyak. Hal ini akan membantu melindungi keamanan pangan kita sementara memberikan petani Inggris manfaat kompetitif.”

Prof Bevan, anggota Komite Koordinasi Konsorsium Pembarisan Genom Gandum Internasional mengatakan: “Barisan ini akan memberikan landasan penting bagi usaha internasional untuk membuat barisan genom gandum dalam beberapa tahun ke depan.”

Prof Doug Kell, kepala eksekutif BBSRC mengatakan: “Lonjakan harga di pasaran gandum jangka pendek belakangan ini menunjukkan betapa rentannya sistem pangan kita dengan kejutan dan kerawanan potensial. Cara terbaik untuk mendukung keamanan pangan kita adalah melakukan strategi penelitian modern untuk memahami bagaimana kita dapat menghasilkan peningkatan produksi pangan, khususnya dalam menghadapi perubahan iklim. Pembarisan genom tipe ini merupakan strategi penting, dibangun berdasarkan penelitian sebelumnya yang didanai BBSRC.”

Ok, wajar saja kalau para ilmuan Inggris akan mendahulukan keamanan pangan negaranya dari pada dunia. Tapi dengan sedikit kebaikan hati, dunia pada gilirannya akan mendapatkan berkah gandum super ini bila proyek penyandian genom gandum membuahkan hasil. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap anda bisa mengunjungi situs resmi Konsorsium Pembarisan Genom Gandum Internasional di  www.wheatgenome.org

The X
Sains adalah sebuah pengetahuan universal, ilmu pengetahuan tidaklah sama dengan pengetahuan dongeng. Kadang, fakta lebih menyakitkan daripada doktrin / pandangan turun temurun.
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.