Diposting Senin, 26 Juli 2010 jam 10:10 pm oleh The X

Empat belut laut paling keren

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Senin, 26 Juli 2010 -


Belut (Anguilliformes) adalah salah satu ordo ikan Actinopterygii. Orang sering salah mengira kalau belut adalah ular. Walaupun bentuknya seperti ular, belut adalah ikan. Mereka memiliki insang, bukannya paru-paru seperti ular. Ada 600 spesies belut sejati, mulai dari moray, conger hingga belut ular. Warnanya juga aneka macam, mulai dari abu-abu hingga kuning. Tubuhnya tidak memiliki sisik. Sebagai gantinya, kulit mereka ditutupi oleh selaput lendir. Belut mengeluarkan lendir untuk melindungi tubuhnya dari parasit sekaligus melumas otot-ototnya yang kekar. Belut tidak memiliki sirip pectoral maupun pelvic. Walau begitu, mereka memiliki sirip anal dan dorsal yang panjang, yang berujung pada sirip ekor yang pendek. Indera penglihatannya sangat buruk, karenanya belut lebih mengandalkan penciuman. Sebagai predator, belut memiliki 27 buah gigi. Rahang bawah hanya memiliki satu baris gigi, sementara rahang atasnya memiliki dua baris gigi. Caranya menyerang mangsanya adalah dengan bersembunyi di bawah gua atau bagian cekung di terumbu karang. Disini ia mengintip menunggu mangsa. Saat malam, sang mangsa lewat, dan si belut pun langsung menangkap dengan mulutnya. Ia menggigit sang mangsa hingga mati. Setelah itu, sang belut meremas mangsanya dengan ototnya yang kuat. Mangsa menjadi remuk dan gepeng. Itulah fungsi otot belut yang kekar. Untuk meremukkan mangsa. Setelah sang mangsa remuk, barulah mangsa dapat masuk ke dalam saluran pencernaannya. Dan iapun menikmati santapannya.

  1. Moray Hijau (Gymnothorax funebris)

Belut Hijau

Moray hijau tinggal di Laut Karibia pada kedalaman 8 hingga 60 meter. Beratnya sekitar 29 kg dan panjang bisa mencapai 2.5 meter. Moray memburu mangsanya di waktu malam dan melacak mangsa lewat penciuman. Ia bersembunyi di terumbu karang menunggu mangsanya. Walau tidak beracun, ia ditakuti oleh para penyelam karena gigitannya dapat menyebabkan luka yang parah.

  1. Conger (Conger conger)

Conger (credit: Aqua Photography)

Wehehe. Harus di ulang tiga kali namanya. Well, conger adalah sejenis belut laut yang sangat mirip dengan belut air tawar. Bedanya ukurannya yang lebih besar. Ada 100 jenis conger di lautan, dan beratnya rata-rata 65 kg dengan panjang 2.7 meter.

  1. Moray Salju (Echidna nebulosa)

Belut Salju (credit: Wet Web Media)

Belut ini lamban tumbuhnya. Perlu dua tahun baginya untuk mencapai usia dewasa. Beratnya hanya sekitar 24 kg dengan panjang tubuh 80 cm. tubuhnya berwarna coklat gelap bergantian dengan kuning.

  1. Belut Pita Biru (Rhinomuraena quaesita)

Belut Pita Biru (credit: Starfish)

Tinggal di samudera hindia dan pasifik. Belut ini memangsa ikan kecil. Betinanya memiliki sirip dorsal yang berwarna kuning. Tubuhnya memiliki dua warna. Berat belut pita biru sekitar 3.6 kg dan panjangnya 1 meter.

Referensi

  1. Castle, P.H.J. 1968. The World of Eels Tuatara, vol. 16, issue 2, July 1968
  2. Encyclopaedia Britannica. 2001. Fish and Amphibians
  3. Kim Aarestrup et. al. Oceanic Spawning Migration of the European Eel (anguilla anguilla). Science, vol 325, 25; September 25, 2009
  4. P. Munk, M. M. Hansen, G. E. Maes, T. G. Nielsen, M. Castonguay, L. Riemann, H. Sparholt, T. D. Als, K. Aarestrup, N. G. Andersen, M. Bachler. Oceanic fronts in the Sargasso Sea control the early life and drift of Atlantic eels. Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences, 2010
The X
Sains adalah sebuah pengetahuan universal, ilmu pengetahuan tidaklah sama dengan pengetahuan dongeng. Kadang, fakta lebih menyakitkan daripada doktrin / pandangan turun temurun.
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.