Diposting Senin, 26 Juli 2010 jam 9:37 pm oleh The X

Ciri Umum Ikan

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Senin, 26 Juli 2010 -


Perhatikan foto di samping. Bila mahluk tersebut di temukan oleh nelayan Indonesia, bisa jadi ia mengira kalau itu adalah manusia yang dikutuk ibunya. Penampakan aneh ikan ini menunjukkan tempat tinggalnya di laut dalam. Hiu gajah, itu namanya. Analisa terbaru para ilmuan menunjukkan kalau hiu gajah mungkin adalah ikan yang paling dekat kekerabatannya dengan manusia, daripada Coelacanth.
Ikan adalah vertebrata yang memiliki kerangka bertulang yang muncul pertama kali di bumi. Mereka membentuk kelompok vertebrata paling beraneka ragam. Tidak seperti ikan jaman sekarang, ikan purba tidak memiliki sirip, sisik atau rahang, namun mereka memiliki sirip dorsal. Seiring bertambahnya waktu mereka berubah bentuk dan ukuran untuk beradaptasi dengan lingkungan yang beraneka ragam. Baik di lingkungan air tawar, maupun lingkungan air asin. Tubuh mereka umumnya streamline, sesuai arah arus. Tubuhnya juga tertutup sisik dan memiliki sirip untuk dapat bergerak dengan energi, arah dan stabil. Sebagai ganti paru-paru, mereka secara normal bernapas dengan insang. Insang memberi mereka kemampuan untuk menyaring oksigen dari air. Ikan juga berdarah dingin, dalam artian memiliki suhu tubuh yang sama dengan lingkungan sekitarnya.

Ikan Zeus ciliaris (credit: Zorger)

Referensi

    1. Encyclopaedia britannica. 2007. Fish and Amphibian
    2. Knight et al. 2010. Simulated fish races suggest that water shaped fish. Journal of Experimental Biology, 2010; 213 (1): i
    3. Venkatesh B, Kirkness EF, Loh YH, Halpern AL, Lee AP, et al. 2007. Survey sequencing and comparative analysis of the elephant shark (Callorhinchus milii) genome

PLoS Biol 5(4): e101.

The X
Sains adalah sebuah pengetahuan universal, ilmu pengetahuan tidaklah sama dengan pengetahuan dongeng. Kadang, fakta lebih menyakitkan daripada doktrin / pandangan turun temurun.
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.