Diposting Minggu, 18 Juli 2010 jam 7:43 am oleh The X

Kimia Industri

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Minggu, 18 Juli 2010 -


Pembuatan, penjualan dan penyebaran produk kimia adalah salah satu keunggulan negara maju. Ahli kimia berperan penting dalam pembuatan, pemeriksaan dan penanganan produk kimia. Mereka juga bertanggung jawab dalam pengembangan produk dan manajemen umum. Pembuatan kimiawi dasar seperti oksigen, klor, amonia dan asam sulfat menjadi bahan baku industri tekstil, produk pertanian, logam, cat, bubur kertas dan kertas. Kimiawi khusus dibuat dalam jumlah lebih kecil untuk industri seperti farmasi, makanan, pengepakan, deterjen, permen dan minyak wangi. Lebih luas lagi, industri kimia menggunakan hasil dan reaksi kimia yang umum untuk meningkatkannya dalam skala industri.

Pengawasan dan pengendalian proses kimia utama, khususnya yang berhubungan dengan transfer panas, merupakan masalah yang dihadapi ahli kimia industri dan ahli teknik kimia. Pembuangan limbah juga masalah utama pabrik. Inipun menjadi tantangan bagi ahli kimia industri. Tantangan- tantangan ini memisahkan kimia industri dari kimia murni. Walau begitu, dalam kimia industri tetap ada beberapa penelitian dasar.

Sebagian besar perusahaan kimia memiliki bagian penelitian dan pengembangan. Perusahaan farmasi misalnya, memiliki laboratorium penelitian besar. Disini para ahli kimia menguji molekul untuk keperluan pengobatan. Produk dan proses baru ditemukan di laboratorium demikian lalu dipatenkan oleh perusahaan dan kemudian dijadikan sumber penghasilan yang keuntungannya sebagian dipakai untuk mendanai penelitian yang lebih jauh di lab mereka.

Sejumlah penelitian yang dilakukan dalam industri kimia dapat disebut penelitian terapan. Hal ini karena tujuannya adalah memenuhi kebutuhan perusahaan. Pembuatan rangkaian mikro elektronik misalnya, melibatkan hampir 100 langkah kimia dari awal hingga akhir. Karenanya, industri kimia ber evolusi seiring perkembangan teknologi di dunia modern dan pada saat yang sama sering kali ikut menyumbangkan penemuannya pada pengembangan teknologi itu sendiri.

Referensi

  1. chemistry. (2010). In Encyclopædia Britannica.
  2. SciCentral
  3. The Catalyst: Chemistry Resources For Teachers
The X
Sains adalah sebuah pengetahuan universal, ilmu pengetahuan tidaklah sama dengan pengetahuan dongeng. Kadang, fakta lebih menyakitkan daripada doktrin / pandangan turun temurun.
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.