Diposting Minggu, 4 Juli 2010 jam 6:11 pm oleh The X

Percakapan Para Ilmuan Besar Sepanjang Sejarah di Facebook

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Minggu, 4 Juli 2010 -


Kami dari fakta ilmiah punya ide gila nih. Mengumpulkan para ilmuan besar dari zaman yunani kuno hingga sekarang di facebook! Hehe. Disini ada banyak ilmuan besar. Coba kamu klik gambarnya untuk melihat dialog mereka, lalu coba dimengerti apa saja yang mereka bahas. Kalau kamu anak MIPA, tentunya kamu paham apa yang mereka omongkan.

Percakapan para ilmuan besar di facebook. Klik gambar untuk membaca dialognya

Gini loh omongan mereka. Kamu tahukan Pitagoras. Dari SD udah belajar lo. Pitagoras itu penemu teorema tentang panjang sisi miring segitiga siku-siku. Nah, bayangin aja facebook udah ada sejak zaman yunani kuno dan Pitagoras update statusnya.
Euklides juga orang matematika. Beliau adalah penyusun sederetan buku berjudul Elements yang membahas masalah geometri. Dari garis, bidang, kubus, balok, semua yang kamu gambar waktu SD, SMP, SMA. Tentang dimensi tiga, tentang elips, hiperbola, parabola, itu semua penemunya Euklides. Hebatkan? Empat ribu tahun, yaitu sekarang, penemuannya masih kita pelajari di sekolah karena begitu dasar dan pentingnya buat memahami dunia kecil kita.
Aristophanes itu adalah orang yang pertama membuat komik. Dia itu rajanya komedi dari Yunani kuno. Lucu banget orangnya. Asyik diajak ngobrol. Cuma beliau agak gak nyambung juga ama sains. Hehe
Archimedes itu jenius fisika dari yunani kuno. Hukum archimedes kamu tahu kan? Yang tentang tenggelam, melayang, mengapung. Kalau masalah fluida atau zat alir, beliau pakarnya. Menurut legenda, beliau menemukan konsep massa jenis saat sedang berendam di bak mandi waktu sang raja menyuruhnya membedakan antara mahkota emas asli dan palsu. Ucapannya, Eureka, itu terkenal sampai sekarang. Artinya kira2, gue dapet, yes, gue dapet. Cuma dia ngomong gitu sambil lari-lari telanjang ke istana. Saking girangnya. Hehe
Galileo. Orang ini terkenal terutama karena penemuannya di bidang astronomi, tentang planet-planet dan hukum gravitasi. Cuma penemuannya itu tidak disukai pemimpin agama waktu itu, dan ia diancam akan disiksa. Makanya ada alat penyiksaan di situ. Yap. Sains punya sejarah buruk dengan agama. Sudah dari zamannya Yunani loh. Soalnya Sains dengan agama itu beda jalan. Sains arahnya ke masa depan dengan penemuan-penemuan baru, agama jalannya ke masa lalu, mencoba sebisa mungkin sesuai dengan ajaran asli yang udah berabad-abad lamanya. Seringkali penemuan ilmiah menggugurkan klaim agama. Makanya sampai kapanpun tampaknya sains dan agama gak bakalan akur.
Leibnitz. Beliau penemu kalkulus. Itu loh. Integral, turunan, limit. Beliau menemukannya tepat di saat Newton menemukannya juga. Jadi Leibnitz ama Newton gak akur. Sampai sekarang aja, lambang-lambang Kalkulus ada dua macem, lambang Leibnitz ama lambang Newton. Lambang Leibnitz tuh yang pake dy/dx sementara lambangnya Newton yang pake aksen misalnya y’
Newton. Newton ini rajanya sains. Luar biasa banyak penemuannya. Dari kalkulus, dinamika, fluida, hukum gravitasi, optik, bikin merinding lah. Menurut legenda Newton mendapatkan hukum gravitasinya saat merenung di bawah pohon apel dan melihat apel jatuh. Mungkin kena ke kepalanya. Itulah orang jenius, kalau orang biasa mikirnya laen, mikirnya “untung bukan durian, coba yang jatuh durian, hancur kepala gue” Mikirnya untung rugi. Tapi kalau Newton, dia mikir “Kenapa apel jatuh, sementara bulan nggak?” Dan dari situ ia menemukan teori gravitasi. Leibnitz mah gak ada apa2nya di banding Newton. Leibniz cuma jago matematika, Newton itu jago semuanya. Biologi dia mahir, antropologi nomer satu, cuma satu aja yang agak oon, di bidang kimia. Semua percobaan kimia beliau gagal, karena kerangka berpikirnya salah. Beliau mikirnya tentang gimana mengubah tanah jadi emas. Sekarang kita tahu itu mustahil, karena emas dan tanah memiliki atom yang berbeda. Makanya pemikiran zaman Newton itu di olok oleh Leibnitz yang menyebutnya alkimia. Newton juga sempat dikeluarkan dari sekolah karena nakalnya minta ampun. Makanya ia juga diolok kalau gak sekolah.
Einstein. Nih orang pasti kamu udah kenal. Einstein sang penemu teori relativitas. Teori ini membuat dirinya sebanding dengan Newton dalam hal fisika. Bayangkan, teori gerak Newton itu dihajarnya. Karena teori Newton dasarnya juga dari geometri Euklid, maka Euklid juga kena imbasnya. Teori Einstein sebenernya juga didasari oleh geometri Riemann, geometri yang sangat berbeda dari Euklid.
Riemann. Ini lawan langsungnya Pitagoras dan Euklid. Pitagoras kan geometri juga. Segitiga itu. Sekarang geometri Riemann justru sering dipakai oleh ilmuan untuk mengukur alam semesta. Penemuan kalau alam semesta ini datar, itu juga berasal dari geometri Riemann lo.
Mendeleyev. Orang ini pasti kamu kenal. Dia penemu susunan berkala unsur-unsur. Sampai sekarang sudah ada 118 unsur kimia dan terus akan nambah lagi. Ada ilmuan yang bilang kalau mereka bakalan mampu membuat unsur hingga dua ratus lebih! Bayangkan. Unsur nomer 99 diberi nama Einsteinium, untuk menghormati jasa-jasa Einstein dalam sains.
Darwin. Nah, baru sekarang biologi unjuk gigi. Darwin adalah penemu teori evolusi. Sama seperti teori gravitasi, teori evolusi menjelaskan mengenai fakta evolusi. Kenapa mahluk hidup dari masa ke masa tampak mengalami perubahan. Darwin itu banyak dapat bantuan dari Wallace, karena wallace adalah seorang penjelajah dunia. Dari penjuru dunia, beliau mengirimkan spesimen langka dan unik serta catatan-catatan penelitian yang membuat Darwin bisa menyusun maha karyanya, Origin of Species dan The Descent of Man. Selain itu, Darwin juga orang pertama yang meneliti cacing dengan serius. Para ilmuan sebelumnya ogah meneliti cacing. Geli. Hiiy. Tapi Darwin malah membuat satu buku tebel yang membahas cacing melulu. Dan menurutnya cacing adalah salah satu bentuk paling purba yang berada di dasar pohon evolusi. Sekarang kita sudah maju sangat jauh dari cacing loh. Banyak kemajuan besar tentang asal usul mahluk hidup dan terutama dimulai oleh penelitian-penelitian Darwin.
Wallace. Beliau adalah seorang petualang besar. Numpang kapal penjajah (maklum orang Inggris waktu itu jajahannya ke mana-mana, liat aja benderanya). Dia juga datang ke Indonesia dan namanya diabadikan sebagai nama garis pemisah antara fauna Asia dan fauna peralihan antara Asia dan Australia. Garis ini berada di selat lombok terus naik ke selat Makassar.
Max Planck. Beliau adalah perintis teori Kuantum. Fisika modern yang sepenuhnya menghantam teori Newton dari sisi lain. Kalau Einstein menghantam Newton dari ukuran makro (alam semesta, galaksi), maka Planck menghantam Newton dari sisi mikro (elektron, proton, foton). Beliau menemukan kalau cahaya itu terdiri dari paket-paket yang ia sebut kuanta. Inilah asal mula fisika modern, yang menghantarkan pada komputer canggih dan alat-alat elektronika modern.
Curie. Beliau penemu banyak unsur radioaktif. Curie ini cewek loh. Satu-satunya cewek di daftar ilmuan besar ini. Hehe. Rasia gimana? Itu mah bukan ilmuan besar, cuma tukang tulis. Hihihi.
Shroedinger. Beliau ini tokoh besar teori kuantum. Beliau jagoan fisika teoritis dan paling terkenal dengan persamaan schroedingernya. Beliau juga terkenal dengan kucing schroedinger dimana ia membuat sebuah analogi keadaan kuantum. Kucing dimasukin ke dalam kotak, lalu di kasi racun. Kucing bisa mati, bisa juga hidup. Tapi menurut Schroedinger, kucing bisa hidup, bisa mati, dan bisa antara hidup dan mati. Bukan pingsan loh ya, tapi ya separuh hidup separuh mati. Gimana tuh? Sampai sekarang masih diperdebatkan, apakah realita separuh hidup dan separuh mati itu ada. Ada yang bilang kalau kita saat melihat sang kucing, kita hanya punya dua pilihan, hidup atau mati, tapi kenyataannya kita melihatnya hidup dan mati. Kita membelah menjadi dua dunia. Satu dunia melihat kucing itu mati, satu dunia lagi melihat kucing itu hidup. Rumus matematikanya menjelimet deh, namanya Aljabar Linier. Ntar kalau sempat gue ajarin.
Bill Gates. Pendiri Windows, penemu Mouse dan orang paling kaya di dunia. Gates itu bisa dibilang penemu komputerisasi praktis. Dulu komputer gede segede rumah. Kalaupun mau komputer yang kecil, kamu harus belajar kode gila-gilaan. Nah, Bill Gates membuat kode yang susah abis dan layarnya cuma satu dua warna menjadi seperti sekarang. Warna warni, gampang dan mudahnya minta ampun ama Dije. Hehe
Benjamin Franklin. Beliau orang yang termasuk perintis teori listrik. Beliau melakukan percobaan untuk menangkap petir dan membuktikan kalau petir itu sebenarnya listrik. Franklin membuat dirinya dalam bahaya. Bayangin kalau teorinya salah, kesamber petir, mampus. Makanya dia geleng2 kepala ama generasi modern yang mudah banget ngabisin listrik, seperti kamu yang sedang membaca tulisan ini. Tagihan listrik udah bayar belum?
Hawking. Ilmuan besar masa kini yang setengah mati (Beneran loh, beliau itu setengah mati) berusaha menggabungkan teori relativitas einstein ama teori kuantum. Beliau lebih terkenal dengan penemuannya tentang mekanika lubang hitam. Bisa dibilang dia penerus Einstein.
Gould. Beliau seorang skeptik hampir dalam segala hal. Keraguannya pada teori evolusi Darwin justru membuatnya berhasil menyumbangkan salah satu teori evolusi jenis baru atau neo-Darwinian. Teorinya bernama Teori Punctuated Equilibrium. Teori yang mengatakan kalau evolusi berjalan secara tersendat-sendat. Sebentar diem, sebentar jalan. Terus diem lagi. Bedanya ama teori evolusi darwin terletak pada tahapan ini. Darwin cuma bilang kalau evolusi terjadi secara bertahap, gak ada tersendat-sendat atau melaju makin lama makin cepat, atau gimana.
Rasia. Hehe. Yang nulis ini. Ya itu Gueeeee :) Cuma orang biasa. Belum ada sumbangan ilmiahnya kecuali ngenelin kamu semua pada fakta-fakta ilmiah disini.
Terima kasih udah membaca ya teman2

The X
Sains adalah sebuah pengetahuan universal, ilmu pengetahuan tidaklah sama dengan pengetahuan dongeng. Kadang, fakta lebih menyakitkan daripada doktrin / pandangan turun temurun.
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.