Diposting Jumat, 2 Juli 2010 jam 11:37 am oleh The X

Pusat Bumi

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Jumat, 2 Juli 2010 - Adakah yang namanya pusat bumi yang tidak berada di dalam bumi, tapi di permukaan bumi? Faktailmiah meninjaunya dari sudut matematika dan paleogeografi


Pusat bumi bisa berarti bagian paling tengah dari sebuah bentuk, atau bagian yang mengendalikan proses. Pusat bumi kita berdasarkan bentuknya berada tepat di bawah tapak kaki kita sekarang. Ia berjarak sekitar 5000 km ke bawah tanah. Para ilmuan menduga kalau di pusat bumi terdapat kristal raksasa akibat berat bumi yang menekan dari segala arah. 300 km sebelum masuk ke bagian paling pusat dari bumi, terdapat lapisan yang diduga para ilmuan sebagai bagian bumi yang paling tua dari planet ini.

Berdasarkan pengertian kedua, pusat bumi sebagai pengendali proses pergerakan. Pernah ada yang mengatakan kalau proses pergerakan ini dikendalikan di permukaan bumi. Dan katanya ada ilmuan yang menelitinya. Namanya Husain Kamaluddin. Sayangnya entah dimana laporan hasil penelitiannya dan entah diterbitkan dimana sehingga jejaknya tidak diketahui. Beliau mengklaim kalau pusat pergerakan bumi ada, dan itu di Mekkah.

Walau demikian, bahkan dengan pemikiran awam sekalipun, kita akan sulit memahami bagaimana mungkin pergerakan di muka bumi bisa di atur dari satu titik, di permukaan bumi itu sendiri. Hal ini mensyaratkan kalau titik tersebut tidak pernah berubah posisi selama proses. Sekarang benarkah kalau Mekkah tidak pernah berubah posisi sehingga bisa kita katakan sebagai pusat pergerakan lempeng bumi?

Untuk itu fakta ilmiah mempelajari hasil-hasil penelitian terkait pergerakan lempeng bumi dari masa terawal planet bumi. Proyek Paleomap adalah sumber utama rujukan kami. Proyek ilmiah ini merupakan kerja sama dari beberapa belas ilmuan besar dibidang geologi yang daftar namanya bisa anda temukan disini. Hasil penelitiannya mendapat penghargaan ilmiah bergengsi dari scientific american selama dua tahun berturut-turut sebagaimana dapat anda saksikan di situsnya.

Sekarang saya tidak perlu bicara panjang lebar lagi. Silakan saja anda lihat titik merah dalam urutan gambar berikut. Titik merah tersebut merupakan lokasi mekkah. Lihat apakah dalam urutan gambar tersebut titik merah itu berubah lokasi atau tidak. saya juga memberi titik merah muda untuk menandai posisi indonesia. Klik gambar untuk melihat posisi titik merah tersebut lebih jelas.








Bila anda perhatikan bentuk muka bumi dari ratusan juta tahun lalu, tidak ada yang berada dalam lokasi yang tetap sama. Bahkan antartika pun bergeser kesana sini. Tidak ada pusat, tidak ada engsel.

Beberapa mengklaim kalau hal tersebut di khususkan hanya pada benua Pangea semata. Benua pangea adalah yang anda bisa temukan dalam gambar pertama dan kedua. Kita bisa menggunakan matematika disini. Definisi pusat adalah titik yang berjarak sama pada semua bagian dari titik sudut.

Dengan pendekatan poligon, anda dapat melihat bahwa mustahil menarik satu titik sebagai pusat dari Pangea. Ia berada di pinggir dan jauh dari yang namanya engsel apalagi pusat!

Dan bila saudara belum yakin silakan lihat animasi pembentukan lempeng benua . Dalam animasi berdasarkan teori Wegener, Sama sekali tidak terlihat bahwa Wegener menunjukkan bahwa timur tengah menjadi pusat dari pergerakan benua. Tidak ada satu tempat yang terlihat sebagai engsel atau pusat rotasi atau pusat koordinasi dalam animasi ini. Animasi lain dapat di lihat disini . Apakah sudah jelas kalau timur tengah tidak menunjukkan posisi yang berperan bagi keseluruhan sistem pergerakan?

The X
Sains adalah sebuah pengetahuan universal, ilmu pengetahuan tidaklah sama dengan pengetahuan dongeng. Kadang, fakta lebih menyakitkan daripada doktrin / pandangan turun temurun.
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Fans Facebook

Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.