Diposting Selasa, 29 Juni 2010 jam 7:46 am oleh The X

Menilai Kepribadian Orang Lewat Penampilan

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Selasa, 29 Juni 2010 -


Para pengamat mampu secara tepat menilai beberapa aspek kepribadian orang asing dengan melihat pada foto. Fakta ilmiah ini ditemukan dalam sebuah penelitian karya Laura P. Naumann, Simine Vazire, Peter J. Rentfrow dan Samuel D. Gosling berjudul Personality Judgments Based on Physical Appearance. Penelitian ini dapat dibaca dalam Personality and Social Psychology Bulletin, 2009; 35 (12): 1661 DOI: 10.1177/0146167209346309. Jurnal bulanan Masyarakat Psikologi Sosial dan Kepribadian. Tiga hal yang dapat langsung dinilai dari penampilan seseorang dengan tepat tersebut adalah kepercayaan diri, pergaulan dan religiusitasnya.
Para peneliti meminta partisipan untuk menilai kepribadian dari orang-orang asing berdasarkan foto yang distandarisasi oleh para peneliti dan kemudian pada foto yang bergaya bebas. Penilaian tersebut kemudian dibandingkan dengan bagaimana orang tersebut dan kenalannya menilai kepribadian individu. Mereka menemukan kalau kedua pose memberikan petunjuk yang akurat mengenai kepribadian individu, dan pose bebas memberi lebih banyak petunjuk yaitu mengenai kesetujuan, kestabilan emosi, keterbukaan, kesenangan dan kesendirian subjek.

Studi ini menunjukkan fakta ilmiah kalau penampilan fisik saja sudah mampu memberikan petunjuk mengenai kepribadian sejati seseorang.

“Seperti telah kami ramalkan, penampilan fisik menjadi saluran manifestasi kepribadian,” tulis para peneliti yang berasal dari University of California, Berkeley, Washington University in St. Louis, University of Cambridge, dan University of Texas at Austin. “Dengan memakai potret seluruh tubuh dan memeriksa sejumlah besar sifat, kami menemukan jangkauan akurasi yang telah lama diabaikan, membawa pada kesimpulan kalau penampilan fisik berperan lebih penting dalam penilaian kepribadian daripada yang diduga sebelumnya.”

The X
Sains adalah sebuah pengetahuan universal, ilmu pengetahuan tidaklah sama dengan pengetahuan dongeng. Kadang, fakta lebih menyakitkan daripada doktrin / pandangan turun temurun.
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.