Diposting Senin, 28 Juni 2010 jam 4:56 am oleh The X

Kebutaan Inattensional

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Senin, 28 Juni 2010 -


Oleh Robert Todd Carrol, 2004

Jadi, kita kadang mempersepsi sesuatu yang tidak ada di sana dan kadang kita merasa sesuatu yang ada di sana, namun kita tidak sadar. Ini mungkin mengejutkan, namun kita kadang tidak mempersepsi hal-hal yang tepat di depan mata kita. Psikolog menyebutnya kebutaan inattensional. Sejumlah studi telah menunjukkan kalau bila kita memfokuskan perhatian kita pada satu hal, kita dapat sepenuhnya melewatkan hal lain yang ada. Sebagai contoh, seorang pilot terbang untuk melihat crop circle di dekat Stonehenge. Setelah mengunjungi tempat itu, ia terbang kembali ke lapangan udara untuk mengisi bahan bakar sebelum terbang kembali menuju tempat yang ia telah kunjungi. Saat perjalanan kedua ini, ia menemukan crop circle didekat crop circle yang baru ia amati dan bersumpah kalau lingkaran baru tidak ada disana empat puluh lima menit sebelumnya.

Lingkaran yang baru sangat rapi dan tidak dapat dibentuk oleh seorang penipu dalam waktu singkat. Ia menyimpulkan kalau ada semacam gaya misterius yang berlangsung. Mungkin, namun lebih masuk akal kalau sang pilot mengalami kebutaan inattensional saat ia terbang ke bandara. Ia berfokus pada tujuan lain saat ia terbang di atas lokasi tersebut dan tidak menyadari apa yang ada dibawahnya sepanjang waktu.

The X
Sains adalah sebuah pengetahuan universal, ilmu pengetahuan tidaklah sama dengan pengetahuan dongeng. Kadang, fakta lebih menyakitkan daripada doktrin / pandangan turun temurun.
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.