Diposting Jumat, 25 Juni 2010 jam 6:52 am oleh The X

Soal dan Jawaban Gaya Gerak Listrik

Suka dengan artikel ini?

Jelajahi artikel-artikel FaktaIlmiah yang berdasarkan apa yang dibaca dan ditonton teman-teman.
Terbitkan aktivitas Anda sendiri dan dapatkan kendali penuh.
Login

Jumat, 25 Juni 2010 -


Begini, misalkan ada baterai. Baterai ini punya GGL rangkaian terbuka sebesar 2.0 Volt dan hambatan dalam sebesar 0.94 ohm. Terus ada lagi nih hambatan 22 ohm menghubungkan kedua terminal baterai seperti dalam gambar ini.

skema soal gaya gerak listrik

Pertanyaannya berapa besar arus yang mengalir dalam rangkaian, terus berapa beda potensial antara terminal baterai saat hambatannya dihubungkan?
Gimana tuh? Caranya gini. GGL yang dihasilkan sumber akan membuat arus mengalir melewati rangkaian seri yang terdiri dari R dan Rint. Rint nya yang di dalam baterai itu loh. Hambatan dalam. Karenanya arusnya pastilah tegangan dibagi jumlah semua hambatan. Jumlah hambatannya 22 + 0.94 = 22.94 ohm. Tegangannya 2.0 Volt. Jadi arusnya 2.0 Volt dibagi 22.94 ohm, hasilnya 0.087 Ampere.
Beda potensialnya pada terminal baterai itu sama aja dengan GGL dikurangin ama jatuh tegangan gara-gara hambatan dalam. Jatuh tegangannya kan hasil kali arus dengan hambatan dalam atau 0.087 dikali 0.94 yaitu 0.08178 ohm. Jadi beda potensialnya = 2.0 – 0.08178 = 1.91822 Volt.
Mau lagi? Oke. Sekarang ada sebuah hambatan R. Hambatan ini terhubung dengan sebuah baterai dan arus yang mengalir kemudian di ukur. Nah, waktu hambatannya 40 ohm, arusnya 0.240 Ampere. Lalu waktu hambatannya diganti dengan hambatan yang 60 ohm, arusnya jadi 0.162 Amper. Berapa GGL baterainya dan berapa hambatan dalamnya?
Gini caranya. Rumus arusnya kan GGL dibagi jumlah hambatan. Kita mencari GGL nya, jadi GGL berarti arus dikali jumlah hambatan dong. Waktu hambatannya 40 ohm, arusnya 0.240 Ampere. Jumlah hambatannya 40 ohm ditambah hambatan dalam. Uh, hambatan dalamnya belum tahu ya?
Lihat lagi deh ke hambatan baru. Hambatan ini 60 ohm. Arusnya 0.162 Ampere. Kalau pake ini berarti rumus GGL nya adalah 0.162 dikali jumlah hambatannya. Jumlah hambatannya adalah 60 ohm ditambah hambatan dalam. Ini hambatan dalam yang sama dengan waktu hambatan luarnya Cuma 40 ohm loh. Gimana caranya?
Karena ada dua variabel yang tidak diketahui maka kita pake substitusi bisa, eliminasi juga bisa. Mau pake apa? Eliminasi aja ya
Persamaan pertama
GGL = 0.240 x (40 + Rint)
GGL = 0.240 x 40 + 0.240 x Rint
GGL = 9.6 + 0.240 Rint
Persamaan kedua
GGL = 0.162 x (60 + Rint)
GGL = 0.162 x 60 + 0.162 x Rint
GGL = 9.72 + 0.162 Rint
Eliminasikan dengan mengurangkan persamaan pertama dengan persamaan kedua
GGL – GGL = 9.6 – 9.72 + 0.240 Rint – 0.162 Rint
0 = – 0.12 + 0.078 Rint
0.12 = 0.078 Rint
0.12 / 0.078 = Rint
Rint = 1.5384615 Ohm
Substitusikan aja Rint kedalam salah satu persamaan, misalkan persamaan pertama, jadinya
GGL = 9.6 + 0.240 Rint
GGL = 9.6 + 0.240 x 1.5384615
GGL = 9.6 + 0.3692308
GGL = 9.9692308 Volt
Ketemu kan jawabannya?
Materi ini masih ada lanjutannya nih. Sekalian soal latihan. Lanjutin di sini.

The X
Sains adalah sebuah pengetahuan universal, ilmu pengetahuan tidaklah sama dengan pengetahuan dongeng. Kadang, fakta lebih menyakitkan daripada doktrin / pandangan turun temurun.
Bergabung dengan 1000 orang lebih dengan kami melalui sosial media

Berlangganan artikel dan berita terbaru dari kami via email


Aktifitas

© 2010 FaktaIlmiah.com. Hak cipta asli oleh faktailmiah
Anda boleh mendistribusikannya dengan mencantumkan referensi dari situs kami.